Pemkot Tangsel Rencanakan Gedung Uji KIR Baru untuk Atasi Antrean Kendaraan Besar

Pemkot Tangsel Rencanakan Gedung Uji KIR Baru untuk Atasi Antrean Kendaraan Besar

Wakil Wali Kota Tangsel, Pilar Saga Ichsan.--Foto: Antara

SIASAT.CO.ID - Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) merencanakan pembangunan gedung pelayanan pengujian kendaraan bermotor di Babakan, Setu, dengan tujuan utama meminimalisir masuknya kendaraan berat ke dalam kota.

Wakil Wali Kota Tangerang Selatan, Pilar Saga Ichsan, menjelaskan bahwa gedung tersebut akan digunakan untuk pengujian KIR, uji emisi, dan pengujian lainnya bagi kendaraan umum dan logistik.

"Pembangunan ditargetkan selesai pada 2025 dan saat ini sedang dalam proses Forum Grup Diskusi (FGD)," ujarnya di Serpong, Kamis (7/12/2023).

Sekretaris Dinas Perhubungan Tangerang Selatan, Ika, menambahkan bahwa pembangunan gedung baru KIR diperlukan untuk melayani uji KIR kendaraan berukuran besar.

Kondisi gedung yang ada saat ini sangat terbatas dan tidak dapat menampung banyak kendaraan besar seperti trailer dan wing box.

BACA JUGA:Pemkot Tangsel Rencanakan BUMD Bidang Perparkiran untuk Tingkatkan Efisiensi Pelayanan

"Kami harus memposisikan kendaraan ini untuk antre, yang bisa mengganggu jalur utama jika antrean panjang," katanya.

Dalam kondisi saat ini, uji KIR dibatasi hanya untuk 100 hingga 150 kendaraan. Dengan adanya gedung baru, diharapkan kapasitas pelayanan uji KIR dapat ditingkatkan, terutama untuk kendaraan besar.

"Jika pembangunan rampung, kuota kendaraan untuk uji KIR dipastikan akan bertambah, dan layanan drive thru juga akan menjadi lebih optimal," tambahnya.

Sumber: