108 Tenaga Kesehatan Disiagakan di TPS Tangsel untuk Jaga Kesehatan Petugas Pemilu

108 Tenaga Kesehatan Disiagakan di TPS Tangsel untuk Jaga Kesehatan Petugas Pemilu

Wali kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie.--Foto: ANTARA-HO/Pemkot Tangsel.

SIASAT.CO.ID - Sebanyak 108 petugas tenaga kesehatan (medis) telah dipersiapkan untuk disiagakan di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dalam upaya menjaga kesehatan dan ketahanan fisik penyelenggara serta saksi saat melakukan rekapitulasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie, menyampaikan bahwa penyiagaan tenaga kesehatan ini bertujuan mengantisipasi kemungkinan insiden yang tidak diinginkan terhadap para penyelenggara pemilu serentak di daerah tersebut.

"Ini pelaksanaan yang akan berlangsung panjang karena dalam simulasi sebelumnya, penghitungan selesai jam 2 pagi dengan kehadiran 104 petugas," ungkapnya di Tangerang, Rabu (24/1/2024).

Pemerintah Kota Tangsel, kata Benyamin, telah menyiapkan langkah-langkah antisipatif terhadap potensi masalah kesehatan yang mungkin dihadapi petugas pemilu.

Oleh karena itu, 35 puskesmas di tujuh wilayah kecamatan akan dioperasikan pada hari itu.

BACA JUGA:Senam Gemoy di Tangsel, Relawan GSP se-Jabodetabek Gaungkan Pilpres Sekali Putaran untuk Prabowo-Gibran

"Kami juga menyiapkan 108 petugas paramedis untuk berkeliling ke TPS di setiap kelurahan," tegasnya.

Benyamin telah memberikan instruksi kepada kelurahan dan kecamatan di Kota Tangsel untuk menyediakan makanan serta minuman ringan selama proses pemungutan hingga penghitungan suara berlangsung.

"Kami sudah berkoordinasi dengan camat dan pihak terkait, makanan, minuman, kopi, semuanya akan dijamin untuk tamu-tamu ad hoc dari teman-teman penyelenggara pemilu," katanya.

Sumber: