Hujan Deras Akibatkan Sejumlah Wilayah di Serang Terendam Banjir, Warga Serukan Solusi Permanen

Hujan Deras Akibatkan Sejumlah Wilayah di Serang Terendam Banjir, Warga Serukan Solusi Permanen

Rumah warga di jalan Trip Jamaksari, Cinanggung, Kota Serang, Banten, terendam banjir, Minggu (7/1/2024).--Foto: ANTARA/Desi Purnama Sari

SIASAT.CO.ID - Hujan deras melanda sejumlah wilayah di Kota Serang, Banten, pada Minggu (7/1/2024), menyebabkan banjir merendam beberapa titik jalan dan permukiman warga.

Warga, seperti Aprilia Nuridah dari Kantin Garuda, menyaksikan air naik sekitar pukul 11.43 WIB, memasuki rumah, dan mencapai tinggi sepinggang orang dewasa di pemukiman.

"Saat hujan deras tadi, air mulai naik sekitar pukul 11.43 WIB dan masuk ke dalam rumah," ungkap Aprilia, Minggu (7/1/2024).

Kejadian serupa sering terjadi saat hujan deras, dengan ketinggian air mencapai sepinggang orang dewasa di beberapa wilayah.

Warga, termasuk Aliudin dari Trip Jamaksari, Cinanggung, mengungkapkan kekhawatiran mereka terhadap masalah banjir yang menjadi momok setiap kali curah hujan tinggi.

BACA JUGA:Wali Kota Serang Dukung Pembangunan SPAM untuk Penuhi Ketersediaan Air Bersih

Aliudin berharap pemerintah daerah dapat menemukan solusi, seperti memperbaharui aliran parit yang sudah tertutup oleh rumput-rumput, yang memperlambat aliran air selama banjir.

"Pemerintah harus melakukan peremajaan pada aliran parit yang sudah mulai tertutup oleh rumput-rumput, karena ketika banjir, air sangat lambat keluar," ungkap Aliudin.

Pantauan awak media di lokasi pada pukul 15.51 WIB menunjukkan bahwa banjir masih terjadi di beberapa titik di Kota Serang, termasuk Jalan Samaun Bakri, Jalan KH Sulaeman, Jalan Raya Cilegon, Jalan Bhayangkara, dan Jalan Penancangan. Warga menyerukan solusi permanen dari pemerintah untuk mengatasi masalah banjir yang terus menerus.

Sumber: