Istana: Tito Menteri Senior yang Pantas Menjadi Menko Polhukam

Istana: Tito Menteri Senior yang Pantas Menjadi Menko Polhukam

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menyampaikan keterangan pers di Gedung Sekretariat Negara, Jakarta, pada Jumat (2/2/2024).--Foto: ANTARA/Andi Firdaus

SIASAT.CO.ID - Ari Dwipayana, Koordinator Staf Khusus Presiden, memberikan pandangan optimis tentang Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Menurutnya, Tito memiliki kualifikasi yang cukup mumpuni untuk menjadi Pelaksana Tugas (Plt.) Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam).

Setelah Mohammad Mahfud Md mengundurkan diri, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Tito sebagai Plt. Menko Polhukam.

"Apa yang dikatakan oleh Pak Ari itu benar, Pak Tito Karnavian termasuk salah satu menteri yang senior di Kemenko Polhukam. Jadi, Bapak Presiden menunjuk beliau sebagai Plt. Menko Polhukam," ujar Ari di Gedung Sekretariat Negara, Jakarta, pada Jumat (2/2/2024).

Ari menjelaskan bahwa penunjukan Tito sebagai Plt. Menko Polhukam bukanlah keputusan yang diambil secara sembarangan.

BACA JUGA:Jokowi Konfirmasi Bertemu Mahfud untuk Bahas Pengunduran Diri Sore Ini

Tito telah menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri sejak 23 Oktober 2019 dan memiliki rekam jejak yang panjang di bidang politik dan keamanan. Selain itu, Tito juga dikenal mampu bekerja sama dengan institusi di luar pemerintahan.

Ari meyakinkan bahwa penunjukan Tito sebagai Plt. Menko Polhukam tidak akan berdampak negatif pada kinerja Kementerian Dalam Negeri maupun Kemenko Polhukam.

"Saya kira tidak akan ada dampak negatif. Sistem pemerintahan kita berjalan dengan baik. Pak Tito akan dibantu oleh deputi-deputi Kemenko Polhukam yang ada, sehingga tidak akan ada kesulitan bagi beliau dalam menjalankan tugas sebagai Plt. Menko Polhukam," ujar Ari.

Dengan dukungan sistem yang baik, Ari yakin Tito akan mampu melanjutkan apa yang telah dibangun dan dijalankan sebelumnya oleh Mahfud Md.

Ari juga menegaskan bahwa perubahan kepemimpinan di Kemenko Polhukam tidak akan mengganggu penyelenggaraan Pemilu 2024.

BACA JUGA:Mahfud Resmi Mundur, Tinggal Serahkan Surat ke Jokowi Besok

"Saya rasa tidak perlu khawatir mengenai penyelenggaraan pemilu. Semua proses sudah berjalan dengan baik. Kementerian Dalam Negeri telah bekerja dengan baik, begitu juga Kemenko Polhukam dalam menjalankan fungsinya," ujar Ari.

Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 20/P Tahun 2024, Tito Karnavian ditunjuk sebagai Plt. Menko Polhukam hingga Presiden menunjuk Menko Polhukam yang definitif.

Sumber: