3 Rekomendasi Buku untuk Kesehatan Mental di Era Modern

3 Rekomendasi Buku untuk Kesehatan Mental di Era Modern

SIASAT.CO.ID - Mental health atau kesehatan mental merupakan salah satu kondisi yang perlu dijaga semua orang. Kesehatan mental yang baik akan membuat kita mampu mengendalikan emosi kita pada batas yang normal.

Menurut World Health Organization (WHO), Kesehatan mental adalah keadaan kesejahteraan mental yang memungkinkan orang mengatasi tekanan hidup, menyadari kemampuan mereka, belajar dengan baik, bekerja dengan baik, berkontribusi pada komunitas mereka.

Mental Health dapat kita jaga dengan cara menumbuhkan rasa cinta pada diri sendiri dan mengenal lebih baik diri kita. Salah satu upaya yang bisa kita lakukan yaitu dengan membaca buku.

Baca Juga: Pidato Prabowo Subianto Menggebu-gebu, Minta Kader Hengkang dari Gerindra Jika Tak Percaya

Berikut 3 rekomendasi buku tentang kesehatan mental yang bisa kita baca:

  1. Filosofi Teras

Filosofi Teras adalah salah satu buku yang mendapatkan penghargaan Book of The Year pada Indonesia International Book Fair 2019

Filosofi Teras tidak menjanjikan rahasia menghilangkan segala kesulitan dan tantangan hidup, tetapi justru menawarkan cara mengembangkan mental tangguh dan bersikap tenang.

Salah satu kutipan menarik dari buku ini yaitu, "Kita tidak bisa memilih situasi kita, tetapi kita selalu bisa menentukan sikap (attitude) kita atas situasi yang sedang dialami.”

Baca Juga: Link Nonton Drama Red Balloon Episode 14: Sinopsis, Jadwal Tayang dan Daftar Pemain

Rangkuman buku ini akan mempelajari tentang pengertian Filosofi Teras dan relevansinya dengan kehidupan zaman sekarang.

Dan tentu saja akan mempelajari bagaimana memperkuat mental dan menghadapi kesusahan hidup.

  1. I Want to Die but I Want to Eat Tteokbokki

Masalah yang sering kali datang tanpa henti membuat kewalahan dan kelimpungan manusia untuk mencari solusinya.

Namun, ada pula yang memilih untuk mengakhiri hidupnya demi mengakhiri masalah yang ada. Buku ini ditulis berdasarkan pengalaman Baek Se Hee yang mengalami gangguan kesehatan mental bahkan ingin mengakhiri hidupnya.

Namun, Se Hee masih mau makan Tteokpokki yakni makanan dari kue beras khas Korea Selatan. Buku ini hadir sebagai solusi dan menjadi semangat agar pembaca tidak menyerah.

Sumber: