Mahfud MD Komitmen Perbaiki Ketenagakerjaan Industri Kreatif

Mahfud MD Komitmen Perbaiki Ketenagakerjaan Industri Kreatif

Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD di sela-sela acara "Tabrak, Prof!" di Kota Surabaya, Jawa Timur, Rabu (10/1/2024). --Foto: ANTARA/Rio Feisal

SIASAT.CO.ID - Dalam acara Tabrak, Prof! yang diadakan di Surabaya, Jawa Timur pada Rabu malam (10/1), Mahfud MD, calon wakil presiden dari pasangan Ganjar-Mahfud nomor urut 3, berjanji akan membenahi sektor ketenagakerjaan di industri kreatif jika berhasil meraih kemenangan dalam Pilpres 2024.

Mahfud menyoroti permasalahan yang ada di sektor ketenagakerjaan industri kreatif, khususnya di bidang perfilman. 

“Saya mendapat keluhan dari beberapa anak muda. Di sektornya, jam kerja para pekerja film atau kru sinetron tidak jelas," ungkap Mahfud.

Dia melanjutkan, kondisi ini bisa semakin parah dengan keterlambatan yang dilakukan oleh pemain film atau sinetron. Bahkan, ada yang meminta izin untuk pergi dari lokasi syuting.

“Para pemain utama sinetron kadang datangnya telat. Sedang syuting, lalu minta izin pergi, yang ini tiba-tiba membatalkan diri minta pergi," jelas Mahfud.

BACA JUGA:Mahfud MD: Tidak Ada Serangan Personal dalam Debat Ketiga

Gaji para kru perfilman, menurut Mahfud, juga menjadi permasalahan. Gaji yang dibayarkan merupakan gaji paketan dan dibayarkan sekali untuk waktu syuting yang tidak tentu.

“Para krunya, gajinya paket, tidak menghitung jam. Sudah dibayar. Misalnya, kamu dibayar untuk ini, untuk sinetron ini, kamu dibayar Rp1,5 juta misalnya, yang gini itu meskipun sampai berhari-hari, tetap itu (nilai gajinya)," kata Mahfud.

Mahfud menyatakan bahwa pekerja kreatif perlu mendapatkan perlindungan. "Nah, itu harus mendapat perlindungan dari tenaga kerja untuk pekerja ekonomi kreatif ini," ujar Mahfud.

Sumber: