Selain Indonesia, Ini 11 Negara Lain yang Merdeka di Bulan Agustus

Selasa 15-08-2023,14:12 WIB
Editor : Jabbar Baskara

6. Ekuador

Ekuador juga merupakan salah satu negara yang memperoleh kemerdekaannya pada bulan Agustus. Ekuador mencapai kemerdekaannya dari Spanyol pada tanggal 10 Agustus 1809. Bahasa Spanyol yang masih dominan di Ekuador merupakan salah satu warisan dari masa penjajahan Spanyol.

7. India

India berhasil merdeka pada tanggal 15 Agustus. India memperoleh kemerdekaannya dari penjajahan Inggris pada tahun 1947 setelah 190 tahun dikuasai.

BACA JUGA:Kisah Pilu Pedagang Pohon Pinang di Jakarta: Sepi Peminat Jelang HUT Ke-78 RI

8. Moldova

Moldova, yang pernah menjadi bagian dari Uni Soviet, merayakan kemerdekaannya pada tanggal 27 Agustus. Perayaan ini diisi dengan parade pakaian tradisional, pidato pemimpin negara, dan konser di ibu kota negara, Chisinau.

9. Republik Kongo

Seperti empat negara sebelumnya, Republik Kongo juga merayakan hari kemerdekaannya pada tanggal 15 Agustus. Ini juga dikenal sebagai 'Hari Nasional Kongo'.

Republik Kongo memperoleh kemerdekaan penuh dari Prancis pada tahun 1960 setelah berada di bawah kekuasaan Prancis selama 80 tahun. Negara ini pernah menjadi negara Marxis-Leninis dari tahun 1969 hingga 1992 dan telah melangsungkan pemilihan berbagai partai sejak tahun 1992.

10. Pakistan

Pakistan merayakan hari kemerdekaannya pada tanggal 14 Agustus. Berbagai upacara dilaksanakan dalam acara ini. Upacara kemerdekaan diadakan di Karachi, tempat pemakaman Muhammad Ali Jinnah, pendiri negara ini.

11. Korea Selatan & Korea Utara

Tanggal 15 Agustus dikenal sebagai Gwangbokjeol, yang berarti "Waktu Pemulihan Cahaya", dan menandai kemerdekaan Korea dari 35 tahun penjajahan Jepang sejak tahun 1945. Ini adalah satu-satunya hari libur nasional yang dirayakan oleh kedua negara dan juga dikenal sebagai Hari Pembebasan Nasional Korea.

Saat itu, Kekaisaran Jepang menyerah dalam Perang Dunia Kedua (PD II). Namun tiga tahun kemudian, Korea dibagi menjadi Utara yang didukung oleh Soviet dan Selatan yang didukung oleh Amerika Serikat (AS).

Kategori :

Terpopuler