Dorong UMKM, Prabowo-Gibran Dinilai Potensi Sumbang Pengusaha Unggul di Masa Depan

Rabu 06-12-2023,17:40 WIB
Reporter : Habibi Abdillah
Editor : Reza Al-Habsyi

SIASAT.CO.ID - Pendiri Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Abdul Latief, yakin bahwa pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, memiliki potensi untuk memberikan dukungan dalam membentuk lebih banyak pengusaha bagi HIPMI.

Pernyataan ini disampaikan Abdul dalam acara Talk Show Relawan Pengusaha Muda Nasional (Repnas) Bergerak di Lavva Lounge, Level P4 Plaza Senayan, Jakarta Pusat, pada Selasa (5/12/2023).

Saat ini, kata Abdul, HIPMI dianggap perlu memiliki 38 juta pengusaha di masa depan. Oleh karena itu, kerjasama antara HIPMI dan Prabowo-Gibran dianggap sebagai langkah penting untuk mencapai target tersebut.

“Kita belum jadi tuan rumah di negeri sendiri. Makanya, ada pengusaha muda maju, kita dukung. Seratus tahun Indonesia merdeka, kita harus mencetak 38 juta pengusaha dan saya yakin Pak Prabowo serta Mas Gibran bisa melakukan ini," ujar Abdul dalam keterangan tertulis, Rabu (6/12/2023).

Abdul Latief menekankan bahwa tingkat kemajuan suatu negara dapat diukur dari keberadaan 14 persen pengusaha dari total penduduknya. Namun, kenyataannya hanya 3 persen dari 270 juta penduduk Indonesia yang menjadi pengusaha, sekitar 8 juta orang, dan sebagian besar, 65 persen, adalah pengusaha UMKM.

BACA JUGA:Prabowo Kembali Masuk Kerja sebagai Menteri Pertahanan, Gibran Kampanye di Tangerang

Selanjutnya, Latief mengungkapkan bahwa Indonesia memiliki sumber daya alam yang cukup, tetapi para pengusaha muda perlu melibatkan diri dalam teknologi digital, tidak hanya bergantung pada sumber daya alam.

Oleh karena itu, dukungannya terhadap upaya Prabowo-Gibran dalam membangun teknologi sangat penting, mengingat dunia saat ini mengalami transformasi digital, dan generasi muda perlu memahami serta mengikuti perkembangan teknologi.

"Mencetak pengusaha yang aplikatif terhadap teknologi. Mendukung Prabowo-Gibran keharusan karena di sana ada Pak Jokowi. Pengusaha sekaligus pemimpin pemersatu karena Indonesia terlalu besar dibangun satu kelompok. Semua harus bersatu agar stabil. Jangan maki-maki paslon lain," jelasnya.

Ciptakan Generasi Pengusaha Muda

Seiring dengan keyakinan Pendiri HIPMI, Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) meyakini bahwa Prabowo-Gibran memiliki potensi untuk menciptakan generasi pengusaha muda.

Dalam konteks ini, Ketua Kadin Jateng, Harry Nuryanto Soediro, mengatakan setiap calon presiden dan calon wakil presiden dengan program-program unggulan dalam memajukan ekonomi nasional harus fokus pada pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Menurutnya, langkah-langkah ini akan menghasilkan pengusaha muda di seluruh Indonesia.

“Yang penting bahwa situasi yang kondusif bagi dunia usaha sangatlah penting, dan saya berharap setiap pemimpin nantinya akan memperhatikan dunia usaha, termasuk Pak Prabowo,” kata Harry saat dihubungi wartawan, Rabu (6/12).

BACA JUGA:Prabowo Utamakan Bertemu dengan Ulama dan Santri di Jabar-Banten pada Awal Kampanye

Menurut Harry, Prabowo-Gibran menunjukkan perhatian serius terhadap pengembangan UMKM dalam dokumen visi dan misi mereka, baik di tingkat pusat maupun daerah. Hal ini dianggap krusial karena UMKM menjadi pangkalan lahirnya pengusaha baru dan membuka peluang lapangan kerja.

Kategori :

Terpopuler