Timnas AMIN Minta Relawan Kawal TPS dengan Rekam dan Foto

Sabtu 06-01-2024,20:30 WIB
Reporter : Khalid Syaifullah
Editor : Rio Alfin

SIASAT.CO.ID - Co Captain Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN), Al Muzammil Yusuf, meminta kepada semua sukarelawan untuk mengawasi tempat pemungutan suara (TPS) dengan cara merekam dan memfoto agar suara pasangan AMIN tetap aman.

"Ketika berada di dalam bilik suara, itu merupakan rahasia. Namun, di luar bilik suara, boleh direkam dan difoto," ujar Al Muzammil di Jakarta, Sabtu (6/1/2024).

Dia mengajak sukarelawan pasangan AMIN untuk terus mengawal suara saat masa pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Menurut Al Muzammil, terdapat dua prinsip dalam Pemilu 2024, yaitu kerahasiaan dan keterbukaan.

Prinsip kerahasiaan hanya berlaku saat berada di dalam bilik suara, di mana tidak diperbolehkan untuk difoto atau direkam.

BACA JUGA:AMIN Rencanakan Bentuk Badan Urusan Kota Jika Terpilih 2024, Ini Fungsinya

Namun, di luar bilik suara, semua prinsip keterbukaan berlaku, yang berarti segala hal yang terjadi di sekitar TPS dapat diabadikan dalam bentuk foto dan video.

"Semua ini dilakukan untuk mencegah adanya kecurangan, karena Pilpres 2024 akan melahirkan pemimpin yang benar-benar untuk Indonesia," jelasnya.

Al Muzammil juga menyatakan bahwa semua ini dapat dilakukan ketika setiap orang menjadi saksi saat pemungutan suara yang akan datang, mengingat terdapat lebih dari 823.000 TPS.

Selain itu, ia juga mengajak sukarelawan untuk mengajak sebanyak mungkin warga untuk memilih pasangan calon nomor urut 1 dengan cara menyampaikan hal-hal yang baik tanpa harus mencemarkan nama pasangan calon lainnya.

"Gerakan ini bertujuan untuk mendapatkan dukungan sebanyak-banyaknya. Kami bersyukur melihat gerakan ini terus berkembang dan mendapatkan sambutan positif dari masyarakat," tambahnya.

Kategori :

Terpopuler