Mutiara Baswedan: Pemenang Pilpres 2024 Harus Kolaborasi dengan Gen Z

Rabu 10-01-2024,08:00 WIB
Reporter : Syahrul Ramadhan
Editor : Reza Al-Habsyi

SIASAT.CO.ID - Mutiara Baswedan, putri sulung dari Calon Presiden Anies Rasyid Baswedan, meminta siapapun yang menjadi pemenang Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024 untuk berkolaborasi intensif dengan Generasi Z (Gen Z) guna bersama-sama membangun Indonesia ke depan.

Menurut Mutiara, peran milenial dan Gen Z ke depan harus lebih banyak, dan pemerintah harus memfasilitasi hal ini.

"Dalam pandangan saya, siapapun yang terpilih nanti harus berkolaborasi dengan anak-anak muda. Kolaborasi ini bukan hanya menjadikan mereka duta, tetapi melibatkan mereka secara aktif dalam memberikan masukan dan mengetahui apa yang mereka butuhkan," ujar Mutiara dalam program siniar atau podcast dengan ANTARA TV di Jakarta pada hari Selasa.

Ia menjelaskan bahwa latar belakang anak-anak muda saat ini sangat beragam, sehingga minat mereka dalam bidang pekerjaan masing-masing harus dimanfaatkan secara maksimal oleh negara untuk kepentingan nasional.

"Generasi muda memiliki latar belakang yang berbeda-beda, ada yang tertarik pada seni, budaya, IT, dan ada yang tertarik pada kerja sosial," kata putri dari Fery Farhati ini.

BACA JUGA:Anies Bersedia Diskusi dengan Prabowo, Tapi Harus di Depan Publik

"Anak muda yang paling tahu kebutuhan anak muda itu adalah anak muda sendiri, oleh karena itu perlu ada komunikasi agar pemerintah dapat menyediakan dan memfasilitasi kebutuhan mereka," tambahnya.

Ia mencontohkan bahwa konsep kolaborasi yang diterapkan oleh Anies di DKI Jakarta telah terbukti berhasil, dan ia berharap hal tersebut juga dapat diterapkan di seluruh Indonesia oleh pemimpin yang terpilih nanti.

Mutiara yakin bahwa untuk mencapai Indonesia Emas 2045 yang mengalami bonus demografi, keterlibatan dan peran maksimal anak muda harus dimulai sejak saat ini.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024 pada hari Senin, 13 November 2023.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, menunjukkan bahwa pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapatkan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mendapatkan nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. mendapatkan nomor urut 3.

BACA JUGA:Anies: Tugas Calon Presiden Siap Ditanya Apa Saja oleh Siapa Saja

KPU juga telah menetapkan masa kampanye yang akan berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, dan jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Kategori :

Terpopuler