Petani di Lebak Dapat Bantuan Benih Padi untuk Meningkatkan Produksi Pangan dan Pendapatan

Jumat 12-01-2024,13:00 WIB
Reporter : Syahrul Ramadhan
Editor : Rio Alfin

SIASAT.CO.ID - Petani di Kabupaten Lebak menerima bantuan benih padi dari pemerintah pusat guna meningkatkan produksi pangan dan pendapatan ekonomi masyarakat di daerah tersebut.

Kepala Bidang Produksi Dinas Pertanian Kabupaten Lebak, Deni Iskandar, mengatakan bantuan benih tersebut bertujuan untuk meningkatkan produksi pangan dan pendapatan ekonomi masyarakat, terutama setelah tahun 2023 mengalami musim kemarau panjang yang menyebabkan sejumlah petani mengalami gagal panen.

Bantuan benih tersebut disalurkan oleh pemerintah pusat dan dialokasikan untuk benih padi nutrizinc seluas 6.427 hektar, padi inbrida seluas 13.372 hektar, dan padi lahan kering seluas 2.300 hektar.

"Kami berharap bantuan benih ini dapat meningkatkan produksi pangan dan pendapatan ekonomi masyarakat setempat," jelasnya.

Deni menjelaskan bahwa pemerintah pusat berkomitmen untuk menyediakan berbagai bantuan guna meningkatkan produksi pangan, terutama padi sawah.

BACA JUGA:Dinkes Lebak Imbau Warga Hindari Buang Air Besar Sembarangan

Pertanian pangan di Kabupaten Lebak telah menjadi andalan ekonomi masyarakat, melibatkan petani, buruh tani, buruh panggul, penampung, dan pedagang beras.

Oleh karena itu, dengan adanya bantuan benih padi ini, petani dijamin dapat melakukan gerakan tanam pada bulan Januari - Februari 2024.

"Kami menargetkan sekitar 15 ribu hektar tanaman pada bulan Januari - Februari karena saat itu memasuki musim penghujan," ujar Deni.

Selain itu, Deni juga melakukan penanaman benih varietas Inpari IR Nutri Zinc seluas lebih dari 6.000 hektar untuk mengatasi prevalensi stunting pada anak balita.

Penanaman benih varietas Inpari Nutri Zinc ini didukung oleh Balai Besar Penerapan Standar Instrumen Pertanian (BBPSIP) Kementerian Pertanian dan memiliki kandungan gizi yang tinggi sehingga dapat mengurangi kasus kekurangan gizi dan risiko ibu hamil mengalami kekurangan energi kronis (KEK) yang dapat menyebabkan anak mengalami stunting.

"Kami mengimbau para petani untuk mengembangkan tanaman benih Nutri Zinc ini karena produksi berasnya akan ditampung oleh pemerintah daerah," tambahnya.

Kategori :

Terpopuler