Prabowo Ungguli Ganjar dan Anies dalam Survei The Economist Inggris

Kamis 25-01-2024,14:00 WIB
Reporter : Habibi Abdillah
Editor : Reza Al-Habsyi

SIASAT.CO.ID - Calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, berhasil mengungguli calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, dan calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, menurut survei yang diterbitkan oleh media asal Inggris, The Economist.

Survei dengan judul "Siapa yang Akan Menjadi Presiden Indonesia Selanjutnya?" tersebut mengungkapkan bahwa Prabowo mendapatkan dukungan sebesar 50 persen, diikuti oleh Ganjar dengan 23 persen, dan Anies berada di urutan terakhir dengan 21 persen.

The Economist mencatat, "Jika tidak ada yang memperoleh lebih dari 50 persen suara dalam putaran pertama, kontestasi akan dilanjutkan pada bulan Juni."

Survei ini dilakukan oleh The Economist pada tanggal 16 Januari 2024. Media tersebut secara konsisten melakukan survei terhadap elektabilitas para calon presiden sejak Januari 2023.

Dalam grafik yang disajikan, The Economist menyebutkan bahwa elektabilitas Prabowo mengalami peningkatan sejak awal 2023, sementara Ganjar yang sempat berada di posisi pertama mengalami penurunan, dan elektabilitas Anies fluktuatif.

BACA JUGA:Rekonsiliasi Jokowi dengan Megawati: Sulit tapi Tidak Mustahil

Selain itu, The Economist juga memberikan profil singkat tentang para calon presiden.

Prabowo disebut sebagai calon presiden yang akan melanjutkan pembangunan yang telah dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan menganut paham "Jokowinomics".

Ganjar digambarkan sebagai seorang teknokrat yang ramah dan mengandalkan harapan keberhasilan pada kampanye akar rumput.

Sementara itu, Anies disebut sebagai mantan Gubernur DKI Jakarta yang berpengalaman dalam urusan luar negeri dan berkeinginan meningkatkan pengaruh Indonesia di kawasan.

Kategori :

Terpopuler