Peringatan Cuaca BMKG: Hujan Lebat dan Petir Ancam Sejumlah Wilayah di Indonesia

Rabu 07-02-2024,07:00 WIB
Reporter : Syahrul Ramadhan
Editor : Rio Alfin

SIASAT.CO.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca terkait potensi hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang di beberapa provinsi di Sumatera, Jawa, dan Kalimantan pada Rabu (7/2/2024).

Menurut BMKG, hujan deras diperkirakan akan mengguyur sebagian wilayah di Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Sementara itu, hujan intensitas tinggi juga berpotensi terjadi di sejumlah wilayah di Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Namun, wilayah DKI Jakarta, Bali, dan Nusa Tenggara Barat berpotensi mengalami hujan dengan intensitas yang lebih ringan.

Kota-kota besar seperti Jambi, Surabaya, Samarinda, dan Tarakan mungkin akan mengalami hujan petir, sedangkan hujan sedang diprakirakan terjadi di kota-kota seperti Yogyakarta, Bandung, Ambon, dan Makassar.

BACA JUGA:BMKG: Hujan Lebat Ancam 6 Daerah di Banten

BMKG juga mengingatkan sejumlah provinsi untuk waspada terhadap dampak hujan hari ini, termasuk Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Papua Barat, dan Papua.

Khusus untuk DKI Jakarta, hujan ringan diperkirakan akan terjadi di wilayah Jakarta Selatan dan Kepulauan Seribu pada siang hari, sementara wilayah lainnya berpotensi mendapatkan cuaca berawan atau cerah. 

Sebelumnya, Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, telah memperingatkan tentang potensi curah hujan tinggi yang dapat terjadi pada Januari-Maret 2024, dengan curah hujan harian yang bisa mencapai 100 hingga 150 milimeter.

Kategori :

Terpopuler