BMKG: Potensi Cuaca Ekstrem di Banten, Warga Diminta Waspada!

BMKG: Potensi Cuaca Ekstrem di Banten, Warga Diminta Waspada!

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kelas 1 Serang.--Foto: ANTARA/Mansur

SIASAT.CO.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan adanya potensi cuaca ekstrem di Provinsi Banten pada tanggal 2 - 3 Maret 2024. cuaca ekstrem ini ditandai dengan hujan lebat, angin kencang, dan petir.

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Kelas I Serang, Tatang Rusmana, menyatakan bahwa peringatan kewaspadaan terhadap potensi cuaca ekstrem diberikan untuk wilayah Banten dan sekitarnya guna mengurangi risiko bencana.

Potensi hujan lebat, angin kencang, dan petir ini dapat menyebabkan bencana hidrometeorologi seperti banjir, angin puting beliung, pergerakan tanah, dan gelombang tinggi di tujuh daerah di Banten.

Tatang menyebutkan bahwa tujuh daerah yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem tersebut adalah Kabupaten Lebak, Pandeglang, Kabupaten Serang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan Kota Cilegon.

BACA JUGA:BMKG Imbau Nelayan Waspada Gelombang Tinggi di Perairan Selatan Banten

Selain itu, angin bergerak dari arah barat laut hingga barat dengan kecepatan 5-25 kilometer per jam.

Suhu udara rata-rata berkisar antara 23-32 derajat Celcius, dan tingkat kelembapan udara mencapai 60-95 persen.

Pada pagi, siang, dan malam hari, terdapat potensi cuaca berawan dengan hujan intensitas ringan dan sedang.

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini kepada pelaku pelayaran, terutama perahu nelayan, kapal tongkang, kapal feri, kapal pesiar, dan kapal kargo yang melintasi perairan selatan Banten, Samudera Hindia, dan Selat Sunda bagian selatan pesisir Pandeglang dan Lebak.

Tinggi gelombang di perairan tersebut berkisar antara 2,5 hingga 4,0 meter.

Sumber: