Mayoritas Masyarakat Ingin Sekali Putaran, Pasangan Prabowo-Gibran Unggul 52,5%

Rabu 07-02-2024,20:27 WIB
Reporter : Habibi Abdillah
Editor : Reza Al-Habsyi

Dibandingkan survei bulan Januari, terdapat peningkatan dukungan pemilih di wilayah Sumatera dan Pulau Jawa bagian barat (Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat), masing-masing 2 hingga 4 persen. 

“Peningkatan dukungan paling besar berasal dari pemilih di Pulau Jawa bagian Tengah dan Timur yaitu Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur, di mana angkanya kini telah mencapai 53,3 persen, dari sebelumnya 45,4 persen. Selain itu, kenaikan keterpilihan juga terdapat di Indonesia Timur,” urainya.

BACA JUGA:Prabowo-Gibran Unggul di Kandang Banteng, Ancaman Pilpres Sekali Putaran Semakin Terasa

“Di wilayah ini dukungan pada pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka juga meningkat, dari sebelumnya 46,3 persen dan kini 59,1 persen,” sambungnya.

Menurut Afrimadona, terdapat perubahan yang signifikan dalam dukungan untuk pasangan Ganjar-Mahfud. Namun, perubahan ini terkait dengan sebaran wilayah pulau dan masih berada dalam rentang margin error.

Afrimadona menjelaskan bahwa di sebagian besar wilayah, tidak terdapat perubahan yang berarti dalam dukungan untuk pasangan Ganjar-Mahfud. Namun, di Pulau Jawa bagian Tengah dan Timur, terjadi penurunan dukungan dari survei sebelumnya sebesar 35,4%, menjadi 28,9%.

Sementara itu, dukungan untuk pasangan nomor 1 cenderung stagnan dan tidak mengalami perubahan yang signifikan berdasarkan data sebaran wilayah pulau. 

Meskipun demikian, hasil indikatif menunjukkan adanya penurunan dukungan untuk pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dari pemilih yang tinggal di wilayah Indonesia Timur.

"Survei sebelumnya menunjukkan bahwa 27,7% responden mendukung pasangan ini, namun sekarang jumlahnya menurun menjadi 20,9%," ungkap Afrimadona.

Kategori :

Terpopuler