BMKG Antisipasi Cuaca Banten: Cerah Berawan hingga Potensi Hujan Ringan

Kamis 08-02-2024,07:00 WIB
Reporter : Jabbar Baskara
Editor : Rio Alfin

SIASAT.CO.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis prakiraan cuaca untuk Provinsi Banten dan sekitarnya pada Kamis (8/2/2024), dengan kondisi cerah berawan dan suhu udara mencapai 33 derajat celcius.

Tatang Rusmana, Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Kelas I Serang, pada hari Kamis di Serang, memaparkan bahwa daerah-daerah di Banten yang akan mengalami cuaca cerah berawan pada pagi hari mencakup Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kabupaten Tangerang, Kota Serang, Kota Cilegon, Kota Tangerang Selatan, dan Kota Tangerang.

Suhu udara di wilayah tersebut diperkirakan berkisar antara 23-33 derajat Celcius, dengan tingkat kelembapan antara 60 -95 persen. Angin diperkirakan bertiup dari arah barat daya hingga barat dengan kecepatan 05-30 kilometer/jam.

Namun, pada siang hari, enam daerah di Banten, termasuk Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Tangerang, Kabupaten Serang, Kota Serang, dan Kota Cilegon, berpotensi mengalami hujan ringan.

Sementara itu, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan diperkirakan akan tetap cerah tanpa potensi hujan.

BACA JUGA:Mayoritas Masyarakat Ingin Sekali Putaran, Pasangan Prabowo-Gibran Unggul 52,5%

BMKG juga telah mengeluarkan peringatan dini kewaspadaan tinggi untuk gelombang setinggi 2,50 meter (sedang) di perairan selatan Banten, Samudera Hindia selatan Banten dan Selat Sunda bagian selatan. Peringatan ini diberikan untuk memastikan keselamatan para pelaut, terutama nelayan dan kapal tongkang.

Di sisi lain, penyeberangan Merak-Bakauheni yang melintasi perairan Selat Sunda bagian utara diperkirakan relatif aman dengan tinggi gelombang mencapai 1,25 meter (sedang).

Kategori :

Terpopuler