Bang Zaki Bicara Tantangan Perluasan Kawasan Jabodetabekjur: Pengangguran Bakal Meningkat

Selasa 26-03-2024,15:30 WIB
Reporter : Khalid Syaifullah
Editor : Bustamil Arifin

SIASAT.CO.ID - Mantan Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, mengungkapkan bahwa perluasan kawasan aglomerasi Jabodetabekjur (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Cianjur) menjadi tantangan besar, terutama terkait dengan integrasi pembangunan.

Dalam keterangannya pada Selasa (26/3/2024), Zaki menyoroti tingginya tingkat urbanisasi di Jakarta yang dapat menimbulkan masalah, khususnya risiko peningkatan angka pengangguran.

"Kita harus menciptakan lapangan kerja untuk mengatasi masalah ekonomi di mana pengangguran di Jakarta semakin meningkat," ujar Zaki.

Menurutnya, Jakarta saat ini lebih berfokus pada sektor jasa daripada industri.

Oleh karena itu, Zaki menekankan pentingnya peningkatan soft skill masyarakat untuk membuka lebih banyak peluang kerja.

BACA JUGA:Golkar Siapkan Ridwan Kamil dan Zaki Iskandar Jadi Calon Gubernur DKI Jakarta

"Kesempatan bekerja akan terbuka lebih luas jika kita memperluas kesempatan usaha. Di Jakarta, membantu pabrik dengan ribuan karyawan tidak lagi memungkinkan," tambahnya.

Zaki, yang juga Ketua DPD Golkar DKI Jakarta, melihat potensi pemanfaatan Balai Latihan Kerja (BLK) di Jakarta sebagai solusi untuk menciptakan tenaga kerja yang terampil.

Seperti yang sudah dilakukan di Tangerang, pelatihan untuk berbagai profesi seperti tukang cukur, juru masak, tenaga pengamanan, hingga pengasuh bayi menjadi kebutuhan yang tinggi di Jakarta.

"Lapangan kerja yang saat ini sangat dibutuhkan di Jakarta seharusnya bisa diisi oleh masyarakat dengan skill yang relevan," tutup Zaki.

Kategori :

Terpopuler