Prabowo Komitmen Tekan Impor dan Dorong Energi Baru untuk Wujudkan Swasembada Energi

Prabowo Komitmen Tekan Impor dan Dorong Energi Baru untuk Wujudkan Swasembada Energi

Prabowo Subianto berkomitmen menekan impor dan mendorong energi baru untuk swasembada energi.--Foto: Antara

SIASAT.CO.ID - Calon Presiden RI nomor urut 2, Prabowo Subianto, terus mengumumkan rencana kebijakannya di bidang energi dan lingkungan, dengan menekankan komitmennya untuk mencapai swasembada energi jika terpilih sebagai Presiden RI.

Dalam Dialog Publik di Universitas Muhammadiyah Surabaya, Jumat (24/11/2023), Prabowo menegaskan rencananya untuk mengurangi impor, terutama Bahan Bakar Minyak (BBM), dengan mengimplementasikan kebijakan swasembada energi melalui pemanfaatan Energi Baru Terbarukan (EBT).

“Kita tidak akan impor BBM lagi saudara-saudara sekalian," ujar Prabowo.

Prabowo juga menyampaikan niatnya untuk mendorong penggunaan biosolar atau biodiesel, bahan bakar berbasis minyak sawit, mengingat Indonesia memiliki produksi kelapa sawit terbesar di dunia. Dengan langkah ini, Prabowo bercita-cita menjadikan Indonesia sebagai satu-satunya negara di dunia yang mengandalkan 100 persen BBM dari sumber energi hijau.

Ia mengatakan BBM yang digunakan di Indonesia masuk dalam kategori biofuel, yang diproduksi dari bahan-bahan organik.

BACA JUGA:Pengamat Yakin Analisis Hendropriyono Soal Prabowo-Gibran Menang Satu Putaran di 2024 Bisa Jadi Kenyataan

"Dari kelapa sawit, dan dari jagung, dan dari tebu," ucapnya.

Dalam konteks itu, Prabowo menekankan Indonesia harus bisa mencapai taraf swasembada energi.

Selain itu, ia juga mendambakan Indonesia mampu mencapai swasembada pangan hingga air. Cita-cita swasembada itu termaktub dalam delapan misi Asta Cita Prabowo-Gibran.

"Memantapkan sistem pertahanan keamanan negara dan mendorong kemandirian bangsa melalui swasembada pangan, energi, air, ekonomi kreatif, ekonomi hijau, dan ekonomi biru," bunyi poin nomor dua Misi Asta Cita.

Swasembada energi menjadi salah satu program kerja pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Dalam dokumen visi, misi, dan program kerja pasangan ini, swasembada energi menjadi salah satu fokus untuk mendorong kemandirian bangsa sebagai pendorong inovasi dan kemajuan.

BACA JUGA:Program Air Bersih Prabowo Atasi Kesulitan Rakyat Kecil di Jawa Barat dan Banten

Selain sektor energi, Prabowo – Gibran mengatakan bahwa untuk kemandirian bangsa, Indonesia perlu fokus swasembada sektor pangan sebagai pilar kehidupan, air sebagai fondasi kehidupan yang berkelanjutan, ekonomi kreatif yang memperlihatkan keunikan dan kekayaan budaya, serta ekonomi hijau dan ekonomi biru.

Sumber: