Soetta Siapkan Antisipasi Lonjakan Penumpang saat Libur Natal dan Tahun Baru 2024

Soetta Siapkan Antisipasi Lonjakan Penumpang saat Libur Natal dan Tahun Baru 2024

Bandara Soetta antisipasi lonjakan penumpang Natal dan Tahun Baru 2024.--Foto: Antara

SIASAT.CO.ID - PT Angkasa Pura II (Persero) Cabang Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) di Tangerang telah menyiapkan langkah antisipatif untuk melayani lonjakan penumpang pesawat udara selama masa libur Natal 2023 hingga Tahun Baru 2024.

Executive General Manager (EGM) Bandara Soekarno-Hatta, Dwi Ananda Wicaksana, mengungkapkan pihaknya memprediksi lonjakan penumpang terjadi pada H-3 Natal dan H-2 Tahun Baru.

“Kami prediksi lonjakan terjadi pada H-3 Natal dan untuk tahun baru pada H-2, di mana pergerakan penumpang tertinggi di angka 170 ribu dengan 1.050 sampai 1.090 pergerakan pesawat," katanya, Kamis (14/12/2023).

Sebagai upaya antisipasi dini, Angkasa Pura II melakukan penebalan pengamanan di sisi darat untuk menghindari penumpukan dan kemacetan.

Dwi Ananda Wicaksana menjelaskan bahwa pengaturan lalu lintas koordinatif dengan Polresta Bandara Soetta, termasuk pengalihan jalur lalu lintas pada jam-jam tertentu.

BACA JUGA:Jelang Natal dan Tahun Baru, Harga Bahan Pokok di Kabupaten Tangerang Naik

Selain itu, penebalan dilakukan di "curbside" setiap terminal untuk mengurangi waktu penumpang di area tersebut dan menghindari kemacetan.

"Kami juga melakukan penebalan di sisi check-in area karena kita ketahui check-in area saat ini sudah menjadi area publik di seluruh Terminal 1, 2, dan 3. Sehingga tetap perlu petugas untuk melakukan profiling dan memberi rasa aman kepada pengguna jasa bandara," jelasnya.

AP II sebelumnya telah mengambil langkah proaktif dengan menyiapkan 4,38 juta kursi penumpang penerbangan untuk menghadapi periode angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Ketersediaan 4,38 juta kursi dianggap memadai untuk memenuhi permintaan maskapai penerbangan di 20 bandara, yang diproyeksikan mencapai 4,03 juta penumpang selama periode tersebut.

AP II bersama pemangku kepentingan lainnya berkoordinasi untuk memastikan ketersediaan kursi penumpang sesuai dengan permintaan penerbangan tambahan (extra flight) dari maskapai.

BACA JUGA:Pemprov Banten Siapkan Pelayanan Maksimal Selama Libur Natal dan Tahun Baru

Pada Natal dan Tahun Baru 2023/2024, terdapat 2.833 extra flight, terdiri dari 2.737 extra flight rute domestik dan 96 extra flight rute internasional.

Selain itu, bandara-bandara yang dikelola oleh AP II memastikan kesiapan fasilitas layanan untuk mendukung perjalanan keluarga, termasuk playground untuk anak, nursery room, dan fasilitas lainnya.

Sumber: