Wali Kota Serang Dukung Pembangunan SPAM untuk Penuhi Ketersediaan Air Bersih

Wali Kota Serang Dukung Pembangunan SPAM untuk Penuhi Ketersediaan Air Bersih

Pembangunan sistem penyediaan air minum (SPAM) yang berada di Kelurahan Bendung, Kecamatan Kasemen untuk penuhi ketersediaan air bersih di dua Kecamatan, Kota Serang.--Foto: Dok. Pemkot Serang

SIASAT.CO.ID - Wali Kota Serang, Banten, Yedi Rahmat, mengungkapkan pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kelurahan Bendung, Kecamatan Kasemen, bertujuan untuk memenuhi ketersediaan air bersih di dua kecamatan.

"Progres pembangunan SPAM Walantaka sudah mencapai 44 persen, dan kami berharap ini dapat memenuhi kebutuhan air minum di dua kecamatan," ujar Yedi di Serang, Banten, pada Jumat (5/1/2024).

Yedi menyatakan bahwa Pemerintah Kota Serang memberikan dukungan penuh terhadap pembangunan proyek strategis nasional ini, yang akan memperluas pelayanan kepada 2.000 pelanggan di kota tersebut.

"Kami sebagai Pemerintah Kota Serang mendukung sepenuhnya proyek strategis nasional ini," kata Yedi.

Yedi berharap pembangunan ini dapat selesai pada bulan Juli 2024. Oleh karena itu, pihaknya terus memantau perkembangan pembangunan agar sesuai dengan target yang ditetapkan.

BACA JUGA:Layanan Perekaman KTP Usia Pemula Dibuka di Kota Serang

"Sebanyak 2.000 pelanggan akan dilayani dan air bersih juga akan dialirkan ke rumah sakit. Untuk saat ini, cakupan layanan mencakup dua kecamatan, yaitu Cipocok dan Kasemen. Jika sudah teraliri dengan baik, kami akan menambah ke Wilayah Walantaka," tambahnya.

Sementara itu, Direktur Perumdam Tirta Madani, Arif Setiawan, menjelaskan bahwa saat ini jumlah pelanggan air bersih masih di bawah empat persen dari total populasi sekitar 700 jiwa.

"Dengan rencana pengembangan yang sedang berlangsung, ini akan meningkatkan jumlah sambungan rumah tangga sesuai target yang ditetapkan," ujar Arif.

Pihaknya menargetkan dalam waktu lima tahun mendatang, dapat mencapai 26 ribu sambungan rumah tangga dari berbagai sumber air di Kota Serang.

Sumber: