Anies Bersedia Diskusi dengan Prabowo, Tapi Harus di Depan Publik

Anies Bersedia Diskusi dengan Prabowo, Tapi Harus di Depan Publik

Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan saat kunjungan kampanye di Gorontalo, Senin (8/1/2024).--Foto: ANTARA/HO-Timnas AMIN

SIASAT.CO.ID - Calon Presiden nomor urut satu, Anies Baswedan, menyatakan kesiapannya untuk berdiskusi dengan calon presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto. Namun, Anies menekankan bahwa diskusi tersebut harus diselenggarakan di depan semua orang.

"Harus di depan semua orang," ujar Anies saat melakukan kunjungan kampanye di Gorontalo pada Senin (8/1/2024).

Menurut Anies, isu-isu yang akan dibahas dalam diskusi tersebut melibatkan kebijakan yang menggunakan uang pajak dari rakyat. Oleh karena itu, pemanfaatan uang rakyat harus transparan dan dijelaskan di depan publik.

Forum diskusi ini harus diselenggarakan secara terbuka, terutama karena menyangkut kebijakan yang memengaruhi masyarakat. Hal-hal yang berkaitan dengan anggaran juga harus dijelaskan kepada publik.

Anies mengungkapkan bahwa waktu terbatas dalam forum debat harus dimanfaatkan untuk memberikan penjelasan yang diinginkan oleh masyarakat.

BACA JUGA:Prabowo Kecewa Berat dengan Narasi Anies-Ganjar dalam Debat Ketiga

"Forum tadi malam adalah untuk menjelaskan, sekecil apapun waktu yang ada harus digunakan untuk menjelaskan karena itulah forumnya," katanya.

Menurut Anies, jika ada penjelasan tambahan yang diperlukan, itu boleh dilakukan.

Namun, ia menegaskan bahwa kesempatan menjelaskan harus terbuka, bukan hanya sebagai percakapan antar pribadi.

Pada debat ketiga Pilpres 2024, Anies menyampaikan pendapatnya bahwa hutang negara harus digunakan untuk hal-hal yang bersifat produktif, bukan untuk membeli alutsista bekas, seperti yang dilakukan oleh Kementerian Pertahanan.

Prabowo menilai Anies kurang memahami masalah pertahanan dan menyatakan kesiapannya untuk mengundang Anies untuk berdiskusi di tempat yang disukai Anies.

BACA JUGA:Prabowo-Gibran Diserbu Dukungan Relawan Jokowi, GSP: Menang Sekali Putaran Makin Nyata

"Saya akan bawa data, yang sebenar-benarnya ya," kata Prabowo saat debat.

KPU telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden yang berpartisipasi dalam Pilpres 2024, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut satu, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut dua, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut tiga.

Sumber: