Ganjar Sarankan Ibu Hamil Konsumsi Telur dan Ikan untuk Cegah Stunting

Ganjar Sarankan Ibu Hamil Konsumsi Telur dan Ikan untuk Cegah Stunting

Calon Presiden (capres) Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo pasca berziarah ke makam Bathoro Katong di Plampitan, Setono, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Jumat (19/1/2024).--Foto: ANTARA/M. Baqir Idrus Alatas/am.

SIASAT.CO.ID - Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo, menyarankan para ibu hamil untuk mengonsumsi telur dan ikan guna mencegah stunting.

Kedua jenis makanan tersebut mengandung banyak protein yang penting bagi perkembangan janin.

"Sebenarnya, kita bisa mendapatkan banyak protein, salah satunya dari telur. Telur adalah makanan yang paling mudah dan terjangkau. Selain itu, ikan juga merupakan sumber protein yang melimpah, dan di Indonesia sebagai negara maritim, ikan sangat mudah didapatkan dan seharusnya menjadi konsumsi utama masyarakat," kata Ganjar usai bertemu dengan peternak ayam di Desa Kuwonharjo, Kecamatan Takeran, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, pada Jumat.

Dengan asupan protein yang cukup selama kehamilan, risiko stunting dapat diminimalisir, sehingga anak-anak memiliki potensi untuk tumbuh menjadi generasi yang cerdas.

BACA JUGA:Cak Lontong Kunjungi Nelayan di TPI Bayah untuk Kampanyekan Ganjar-Mahfud

Ganjar juga menjanjikan bahwa jika terpilih menjadi Presiden dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, akan dilaksanakan program "Satu Desa Satu Faskes Satu Nakes".

Program ini bertujuan agar tenaga kesehatan dapat memantau dan mendampingi setiap ibu hamil, sehingga upaya pencegahan stunting dapat dilakukan secara optimal.

"Program Ganjar-Mahfud 'Satu Desa Satu Faskes Satu Nakes' dapat memberikan manfaat yang optimal dalam menurunkan angka stunting," ujar Ganjar saat bertemu dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, kelompok tani, dan lembaga masyarakat desa hutan (LMDH) di Kecamatan Widodaren, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, pada Kamis (18/1).

Sumber: