Ketika Gibran Cecar Cak Imin Soal LFP di Debat Pilpres 2024

Ketika Gibran Cecar Cak Imin Soal LFP di Debat Pilpres 2024

Cawapres RI Gibran Rakabuming Raka (kanan) menyampaikan pandangannya saat debat keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1/2024).--Foto: ANTARA FOTO/M. Risyal Hidayat/tom.

SIASAT.CO.ID - Gibran Rakabuming Raka, Calon Wakil Presiden RI, memulai segmen kelima debat keempat Pilpres 2024 di JCC, Jakarta, Minggu malam dengan menantang Calon Wakil Presiden RI Muhaimin Iskandar.

Dia menanyakan posisi calon wakil presiden nomor urut 01, Muhaimin Iskandar (Cak Imin), terkait dengan lithium ferrophosphate (LFP), suatu isu yang sering digaungkan oleh pasangan nomor urut 1 dan tim suksesnya.

"Saya enggak tahu ini pasangan nomor urut 1 ini antinikel atau bagaimana?" ujar Gibran.

Moderator debat kemudian mempersilakan Gibran untuk menjelaskan istilah LFP. Gibran menegaskan bahwa dia akan menjelaskan jika pertanyaan belum jelas dan meminta pendapat Muhaimin.

"Bagaimana Gus Muhaimin? Saya jelaskan juga enggak apa-apa," kata Gibran.

BACA JUGA:Cak Imin Ingatkan Pesan Pendiri NU tentang Pentingnya Peran Petani

Dia kemudian menjelaskan bahwa LFP adalah lithium ferrophosphate, suatu isu yang sering digaungkan oleh Co-Captain Timnas AMIN, Tom Lembong.

Muhaimin menjawab pertanyaan Gibran dengan menekankan pentingnya etika lingkungan dalam menentukan kebijakan yang berhubungan dengan penggunaan sumber daya alam (SDA).

"Semua kembali kepada etika, Pak Gibran. Etika itu adalah etika lingkungan. Apa pun yang menjadi kebijakan kita, menyangkut produksi pengambilan tambang, SDA, juga apa pun yang kita gunakan seluruh potensi bangsa ini rujukannya adalah etika lingkungan," ujar Muhaimin.

Gibran merasa aneh dengan jawaban Muhaimin tersebut. Menurutnya, tim sukses Anies dan Muhaimin, yakni Timnas AMIN, sering membahas isu LFP, tetapi Muhaimin tampak tidak paham.

"Ini agak aneh, ya. Yang sering ngomongin LFP itu timsesnya, tetapi cawapresnya enggak paham LFP itu apa. 'Kan aneh. Sering bicara LFP, LFP, lithium ferrophosphate," kata GIbran.

BACA JUGA:Survei UI: Prabowo-Gibran Unggul, Mayoritas Masyarakat Dukung Pilpres Sekali Putaran

Gibran, yang merupakan pendamping Prabowo Subianto, kemudian menjelaskan kembali kepada Muhaimin makna dari LFP.

"Saya jelaskan sekali lagi, lithium ferrophosphate, itu adalah alternatif dari nikel. Intinya ada negara yang enggak mau pakai nikel. Itu loh, Gus, yang saya maksud. Apakah Gus Muhaimin juga antinikel?" ujar dia.

Sumber: