Gus Ipul Jawab Sindiran Cak Imin: Makelar Itukan Konsultan

Gus Ipul Jawab Sindiran Cak Imin: Makelar Itukan Konsultan

Gus Ipul balas sindiran Cak Imin soal makelar.--Foto: Antara

SIASAT.CO.ID - Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Saifullah Yusuf atau Gus Ipul, memberikan tanggapannya soal cuitan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin di akun media sosial X. Cuitan Cak Imin itu meminta masyarakat agar tidak menghiraukan makelar bernama Saipul.

Gus Ipul mengomentari cuitan tersebut dengan mengatakan bahwa ia tidak tahu apa yang dimaksud dengan "makelar" tersebut. 

Namun, ia menganggap bahwa mungkin itu sama dengan "konsultan, kongkonane wong kesulitan" atau orang yang kesulitan meminta bantuan. Gus Ipul mengucapkan hal ini sambil tertawa.

“Saya tidak tahu makelar yang dimaksud itu apa? Tapi mungkin sama dengan 'konsultan, kongkonane wong kesulitan' (suruhannya orang yang kesulitan)," ujar Gus Ipul sembari tertawa ketika ditemui wartawan di Surabaya, Senin (19/2/2024).

Sebelumnya, cuitan Muhaimin di akun X @cakiminNOW menyatakan, "Selamat pagi para pejuang perubahan.! Teruslah bekerja menjaga suara rakyat. Jangan hiraukan makelar yang namanya Saipul, mengatasnamakan NU, padahal cuma makelar".

BACA JUGA:Cak Imin Ingatkan Jokowi Tetap Netral di Pemilu 2024

Meskipun hanya menyebut nama "Saipul", namun cuitan tersebut diduga sebagai respons terhadap pernyataan Gus Ipul yang mengajak PKB untuk kembali ke pangkuan dan jalan yang sama dengan Nahdlatul Ulama pada tanggal 18 Februari.

“Penyampaian saya apa ada yang salah? Saya hanya minta PKB percaya terhadap hasil hitung cepat. Di penghitungan partai politik mengakui hasilnya, tapi di penghitungan Pilpres belum mengakui?" kata Gus Ipul.

Ia lantas menyarankan agar PKB, sebagai bagian dari NU, meminta nasihat dari Rais Aam dan Ketua Umum PBNU. Ia menegaskan bahwa tidak hanya sekadar klaim sebagai partai NU, tetapi juga harus melakukan konsultasi atau setidaknya meminta nasihat.

“Jangan hanya klaim partai NU, tapi tidak pernah konsultasi, minimal minta nasihat. Sekali lagi, saya tidak paham cuitan beliau (Cak Imin), tapi lihat pernyataan saya baik-baik, bisa dibaca lagi. Silakan kalau mau dipertimbangkan, kalau tidak ya tidak apa-apa, begitu saja," tutur keponakan Gus Dur tersebut.

Gus Ipul juga menyampaikan bahwa jika ada permasalahan terkait hasil Pilpres, maka harus dituntaskan sesuai prosedur. Proses dan tahapan Pemilu 2024 harus tetap berjalan. Ia menghargai jika ada yang menganggap ada kecurangan, namun semua itu memiliki proses.

Sumber: