PKB Raih Keberhasilan di Pemilu Berkat Usung Anies Baswedan

PKB Raih Keberhasilan di Pemilu Berkat Usung Anies Baswedan

PKB berhasil raih suara di Pemilu 2024 berkat mengusung Anies Baswedan. --Foto: Antara

SIASAT.CO.ID - Menurut Direktur Center of Strategic on Islamic and International Studies (CSIIS) Sholeh Basyari, PKB berhasil meraih hasil positif dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 berkat pengusungan Anies Baswedan sebagai calon presiden nomor urut 1.

“Faktor Anies Baswedan sebab di berbagai basis Anies, basis Islam kanan, Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten, PKB menambah kursi, pecah telur, dan otomatis meningkat tajam perolehan secara nasional," ujar Sholeh dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis (22/2/2024).

Berdasarkan hasil hitung cepat Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 oleh lembaga survei Populi Center, PKB berhasil meraih 10,94 persen suara, menempatkannya sebagai partai keempat terbanyak setelah PDI Perjuangan, Partai Golkar, dan Partai Gerindra.

Sholeh menyebutkan bahwa PKB berhasil memperluas pengaruhnya ke berbagai daerah, termasuk di luar basis NU.

Sholeh juga menyoroti dominasi PKB di Jawa Timur, yang disebabkan oleh kekuatan calon legislatif (caleg) yang kuat dan tingkat ketokohan yang diterima publik. Namun, ia juga mencatat penurunan suara PKB di Jawa Tengah.

BACA JUGA:PKB, PKS, dan NasDem Potensi Masuk Kabinet Prabowo, Anies Rangkul Diri Sendiri

Selain pengaruh Anies Baswedan, Sholeh menekankan peran kuat beberapa caleg seperti Rusdi Kirana, Syaikhul Islam Ali Masyhuri, dan lainnya dalam mendongkrak suara PKB.

Meskipun demikian, ia mengungkapkan bahwa hasil pilpres dan pileg menunjukkan loyalitas konstituen PKB lebih besar kepada partai daripada kepada Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

Sholeh menyimpulkan bahwa gambaran ini mengindikasikan kebutuhan akan penyegaran kepemimpinan PKB.

Sumber: