Mahfud MD Janji Hapus Kredit Macet Petani dan Nelayan Jika Menang Pilpres 2024

Mahfud MD Janji Hapus Kredit Macet Petani dan Nelayan Jika Menang Pilpres 2024

Cawapres nomor urut 3 Mahfud Md berfoto bersama masyarakat petani dan nelayan di Lampung, Kamis (25/1/2024).--Foto: ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat.

SIASAT.CO.ID - Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud Md, memberikan janji untuk menghapus kredit macet petani dan nelayan di Provinsi Lampung, dalam upaya meringankan beban ekonomi mereka.

Janji ini disampaikannya saat kampanye di Kabupaten Pesawaran, Lampung, Kamis (25/1/2024).

Dalam pidatonya, Mahfud menegaskan bahwa apabila dirinya dan pasangan duetnya, Ganjar Pranowo, berhasil keluar sebagai pemenang pada Pilpres 2024, kredit macet petani dan nelayan akan dibebaskan dan diputihkan.

Ia menyampaikan pesannya kepada petani dan nelayan, menekankan bahwa upaya ini dilakukan untuk meringankan beban finansial mereka.

Mahfud menjelaskan bahwa jumlah kredit macet petani dan nelayan di Lampung tidak terlalu banyak, dan penghapusan kredit macet tersebut tidak akan memberatkan keuangan negara.

BACA JUGA:AMIN dan Ganjar-Mahfud Sepakat Ada Ketidakadilan Jelang Pemilu

Menurutnya, nilai total kredit macet petani dan nelayan mencapai Rp688 miliar, dan hal ini dapat diatasi dengan efisiensi anggaran.

"Kami sudah menghitung jumlah kredit petani dan nelayan yang sekarang macet jumlahnya Rp688 miliar," ujar Mahfud.

Lebih lanjut, Mahfud menyatakan keyakinannya bahwa penghapusan kredit macet ini dapat didanai dengan mengambil sebagian dana yang berasal dari penanganan korupsi.

Dengan memberantas korupsi, ia mengklaim bahwa sejumlah dana signifikan dapat dialokasikan untuk mensubsidi pelunasan hutang para petani dan nelayan.

"Hapus Kredit Macet Petani dan Nelayan" termasuk dalam program unggulan Ganjar-Mahfud yang terdiri dari 21 program untuk mengurangi beban ekonomi nelayan di Indonesia.

Sumber: