Survei Polling Institute: Prabowo-Gibran Pasangan Capres-Cawapres Paling Disukai Publik

Survei Polling Institute: Prabowo-Gibran Pasangan Capres-Cawapres Paling Disukai Publik

Prabowo Gibran jadi capres cawapres paling disukai menurut survei Polling Institute.--Foto: istimewa

SIASAT.CO.ID - Survei terbaru yang dilakukan oleh Polling Institute menunjukkan bahwa Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka adalah pasangan calon presiden dan wakil presiden yang paling disukai oleh masyarakat.

"Tingkat kesukaan terhadap Prabowo mencapai 76,8 persen, sementara Gibran berada di angka 74,3 persen," ungkap peneliti Polling Institute, Kennedy Muslim, saat memaparkan hasil survei bertajuk "Elektabilitas, Efek Debat, dan Sentimen Pilpres Satu Putaran" secara virtual pada Jumat.

Kennedy menjelaskan bahwa tingkat kesukaan tersebut menjadikan Prabowo dan Gibran sebagai pasangan capres dan cawapres yang paling disukai oleh publik, melebihi pasangan lainnya.

Dia mengatakan tingkat kesukaan Ganjar Pranowo berada di angka 68,2 persen, sementara Mahfud MD 67,4 persen.

"Tingkat kesukaan Anies Baswedan adalah 61,9 persen, sementara Muhaimin Iskandar 61,6 persen," ujarnya.

BACA JUGA:Dukungan Diaspora Eropa untuk Prabowo-Gibran di Pilpres 2024: Kita Teruskan Perjuangan

Survei Polling Institute juga merinci alasan publik memilih Anies-Muhaimin, yaitu keinginan untuk perubahan (16,5 persen), kecerdasan dan wawasan luas (13,8 persen), kemampuan memimpin (13,7 persen), kejujuran, amanah, dan dapat dipercaya (9,6 persen), serta sudah ada bukti hasil kerjanya (9,3 persen).

Alasan publik memilih Prabowo-Gibran adalah ketegasan, keberanian, dan kewibawaan (12,8 persen), kemampuan memimpin (11,2 persen), suka saja (10,2 persen), melanjutkan kepemimpinan Jokowi (9,7 persen), dan paling meyakinkan (5,2 persen).

Sementara itu, alasan publik memilih Ganjar-Mahfud adalah pemahaman terhadap kebutuhan rakyat (13,3 persen), suka saja (13,2 persen), sudah ada bukti hasil kerjanya (9,9 persen), didukung oleh partai yang saya dukung (9,5 persen), dan paling mampu memimpin (6,3 persen).

Survei Polling Institute dilakukan pada tanggal 15-16 Januari 2024, dengan melibatkan 1.219 responden yang diwawancarai melalui telepon. Survei ini memiliki margin of error sebesar ± 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Sumber: