Isyarat Prabowo Tunjuk Maruarar Sebagai Wakil Ketua TKN, Pengamat: Upaya Kuatkan Jaringan

Isyarat Prabowo Tunjuk Maruarar Sebagai Wakil Ketua TKN, Pengamat: Upaya Kuatkan Jaringan

Prabowo kasih isyarat Maruarar Sirait jadi Wakil Ketua TKN. Pengamat sebut hal itu strategi memperkuat jaringan.--Foto: ANTARA/M Fikri Setiawan

SIASAT.CO.ID - Prabowo Subianto, calon presiden dengan nomor urut 02, memberikan isyarat bahwa mantan Politikus PDIP, Maruarar Sirait alias Ara, akan ditunjuk sebagai wakil ketua dalam Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan 02. Hal ini mendapat tanggapan dari Ujang Komarudin, Pengamat Politik dari Universitas Al-Azhar.

Menurut Ujang, penunjukan Ara dalam posisi tersebut merupakan bentuk pengakuan atas kompetensinya yang luas di berbagai bidang, termasuk politik, ekonomi, dan jaringan logistik.

Dengan kemampuan tersebut, Ujang meyakini Ara dapat membantu memenangkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Meski Ara belum resmi menduduki posisi dalam struktur TKN, Ujang menekankan bahwa Ara telah berperan aktif dalam menggalang dukungan, khususnya dalam upaya meraih suara dari pendukung Ganjar Pranowo.

BACA JUGA:Puluhan Ribu Kaum Ibu Sambut Prabowo di Subang: Ajak ke TPS di 14 Februari

"Ara mungkin dianggap sebagai tokoh penting PDIP untuk meraih dukungan dari PDIP dan pendukung Ganjar-Mahfud," kata Ujang dalam pernyataannya, Senin (29/1/2024).

Ujang juga menambahkan bahwa berpindahnya dukungan dari politisi senior PDIP seperti Ara, yang sebelumnya mendukung Ganjar Pranowo namun kini mendukung Prabowo Subianto, diperkirakan akan memberikan dampak signifikan pada peningkatan dukungan elektoral.

Pasalnya, Ara merupakan tokoh yang memiliki basis masa konkret dan jaringan luas sehingga berpindahnya haluan Ara akan mengambil ceruk suara PDIP yang notabenenya mendukung Ganjar Pranowo - Mahfud MD. Ara juga dinilai memiliki jaringan yang luas dan memiliki sikap yang luwes dalam bergaul sehingga dapat membantu peran TKN Prabowo-Gibran. 

“Dan saya sih melihatnya dipercaya itu ya karena Ara punya jaringan yang cukup ya untuk bisa menambah kekuatan Prabowo-Gibran begitu,” bebernya.

“Terutama untuk menghadang, menghalau atau mengambil suara basis dari PDI-P yang terutama pendukung Ganjar Mahfud itu agar bisa ditarik ke kubu Prabowo-Gibran,” tambahnya. 

BACA JUGA:Dukungan Diaspora Eropa untuk Prabowo-Gibran di Pilpres 2024: Kita Teruskan Perjuangan

Ujang juga menyampaikan berubahnya dukungan Ara secara cepat menyeberang ke Prabowo-Gibran memberikan efek kejut yang merugikan PDI dan Ganjar-Mahfud. Karena kata Ujang, para simpatisan dan relawan Ara akan ikut berpindah haluan mengikuti jejak Ara. 

“Paling tidak memberikan terapi kejut atau dampak psikologis merugikan PDI, menguntungkan Prabowo-Gibran. Di saat yang sama paling tidak pendukung-pendukungnya Ara bergabung dengan mendukung Prabowo-Gibran itu, paling tidak pendukung-pendukungnya, jaringannya bisa mendukung Prabowo-Gibran,” tuntasnya. 

Senada, Ketua Umum Relawan Pengusaha Nasional (Repnas) Anggawira mengapresiasi bergabungnya Ara masuk ke dalam Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran menambah daya gedor kemenangan Prabowo-Gibran. 

Sumber: