Ganjar Soroti Bansos, Gizi, dan Stunting dalam Debat Terakhir Capres

Ganjar Soroti Bansos, Gizi, dan Stunting dalam Debat Terakhir Capres

Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyampaikan pemaparan saat Debat Kelima Capres Pemilu 2024 di Balai Sidang JCC, Senayan, Jakarta, Minggu (4/2/2024). --Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww

SIASAT.CO.ID - Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo, secara konsisten membahas tentang bantuan sosial (bansos), gizi, dan kekerdilan anak atau stunting dalam Debat Kelima Capres Pemilu 2024 yang berlangsung di Balai Sidang Jakarta JCC Senayan, Jakarta, pada Minggu malam (4/2).

Sepanjang debat tersebut, Ganjar mengucapkan kata "bansos", "gizi", dan "stunting" sebanyak enam kali.

Kata "bansos" menjadi perbincangan utama saat Ganjar dan calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, saling bertanya dan memberikan tanggapan. Mereka berdua membahas tentang berita mengenai penyaluran bansos yang banyak dilakukan selama kampanye Pemilu 2024.

Ganjar berpendapat bahwa bansos adalah hak rakyat, dan oleh karena itu pemerintah memiliki tanggung jawab untuk memastikan penyalurannya dilakukan dengan tepat sasaran dan tepat waktu.

Selain itu, Ganjar juga menyatakan bahwa tata kelola distribusi bansos perlu diperbaiki agar tidak terjadi klaim yang saling bertentangan, dan agar penyalurannya tepat sasaran tanpa menimbulkan kecemburuan di masyarakat.

BACA JUGA:Bawaslu Kabupaten Tangerang Selidiki Dugaan ASN Kampanye untuk Salah Satu Capres

Selama debat, Ganjar juga sering menyebutkan kata "gizi" dan "stunting" sebanyak enam kali ketika berdiskusi dengan capres nomor urut 2, Prabowo Subianto.

Ganjar tidak setuju dengan program makan gratis yang diusulkan oleh Prabowo sebagai upaya untuk mengatasi stunting, kemiskinan ekstrem, serta angka kematian ibu dan bayi.

"Saya sama sekali tidak setuju dengan memberikan makanan kepada anak-anak untuk mencegah stunting, Bapak, karena menurut saya, Bapak terlambat," ujar Ganjar menilai program yang diusung oleh pasangan calon nomor urut 2.

Ganjar berpendapat bahwa stunting dapat dicegah sejak bayi berada dalam kandungan. Oleh karena itu, makanan bergizi sebaiknya diberikan kepada ibu hamil.

Seperti debat-debat sebelumnya, Ganjar dan cawapres Mahfud MD juga menggunakan data sebagai dasar penting dalam pengambilan kebijakan.

Dalam debat terakhir Pilpres 2024, Ganjar menyebutkan kata "data" sebanyak lima kali, sama seperti ketika dia menyebutkan kata "guru" dan "ibu".

Sumber: