Ternyata Pria Ini Sosok Penting di Balik Kemenangan Prabowo-Gibran

Ternyata Pria Ini Sosok Penting di Balik Kemenangan Prabowo-Gibran

Ketua TKN Prabowo-Gibran, Rosan Perkasa Roeslani.--Foto: Investor Daily

SIASAT.CO.ID - Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, Rosan Perkasa Roeslani, menjadi salah satu tokoh kunci dalam memenangkan pasangan calon nomor urut 2 yang diusung oleh Koalisi Indonesia Maju pada Pilpres 2024.

Sejak menjabat sebagai Ketua TKN pada Oktober 2023, Rosan telah menunjukkan komitmen untuk fokus memenuhi tanggung jawabnya terhadap Prabowo dan Gibran. Dia mengundurkan diri dari tiga jabatan penting sekaligus, termasuk sebagai Duta Besar RI untuk Amerika Serikat, Wakil Menteri (Wamen) BUMN, dan Wakil Komisaris Utama PT Pertamina.

Dengan melepaskan tiga jabatan tersebut, Rosan membuktikan keseriusannya dalam menekuni peran barunya. Setelah dapat fokus pada tugasnya sebagai Ketua TKN, Rosan langsung bergerak cepat. Dia merancang rencana, skema, dan strategi untuk memenangkan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang diusungnya.

Tentu saja rencana, skema dan strategi pemenangan itu dibuat berdasarkan pengalamannya, baik itu sebagai Wakil Ketua TKN Jokowi dan Ma'ruf Amin di Pilpres 2019 lalu, maupun pengalaman lainnya seperti menjadi Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin), Duta Besar RI untuk Amerika Serikat, Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN), Ketua Satgas Omnibus Law.

Rosan juga punya pengalaman di sejumlah organisasi, menahkodai beberapa perusahaan besar, menjadi Ketua Kontingen Indonesia (Chef de Mission) untuk Olimpiade Tokyo 2020 dan juga pengalaman sebagai Ketum PB PABSI yang banyak meraih medali di berbagai ajang olahraga global.

BACA JUGA:Prabowo-Gibran dan PDIP Raih Quick Count Tinggi, Qodari: Komposisi yang Seimbang

Dari semua jabatan dan tugas yang pernah diemban itu, Rosan selalu berhasil meraih target dan sasaran yang diinginkan.

Sebagai Wakil Ketua TKN Jokowi dan Ma'ruf Amin, Rosan sukses memenangkan capres dan cawapres pada Pilpres 2019 tersebut.

Sebagai Ketua Kadin, Rosan sempat menyuarakan kepada pemerintah untuk mencari sisi positif dari terjadinya perang dagang antara Amerika dan Cina beberapa tahun lalu.

Bahkan saat Kementerian Perdagangan pernah melakukan impor pacul beberapa tahun lalu, Rosan juga sempat melontarkan pernyataan bahwa hal itu sebagai tindakan memalukan.

Begitu juga saat menjabat sebagai Ketua Satgas Omnibus Law, Rosan turut mendukung penuh UU Cipta Kerja yang merupakan hal penting bagi buruh, dunia usaha dan pengusaha. 

BACA JUGA:Prabowo-Gibran Pimpin Hasil Quick Count, Qodari: Fakta Pilpres 2024 Ingin Sekali Putaran

Dan ketika wabah pandemi Covid-19 terjadi, kiprah Rosan sebagai Ketum Kadin juga sempat menuai apresiasi positif. Pasalnya, Rosan sempat mencetuskan ide program Vaksin Gotong Royong. Vaksin itu tidak dibebankan kepada pekerja, melainkan ditanggung oleh pengusaha atau perusahaan.

Tugas lain yang diemban Rosan semasa pandemi Covid-19 yakni, pemerintah menunjuknya sebagai Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN).

Sumber: