TNI AU dan TUDM Gelar Patroli Bersama di Selat Malaka

TNI AU dan TUDM Gelar Patroli Bersama di Selat Malaka

Pasukan TNI Angkatan Udara (AU) dan Tentara Udara Diraja Malaysia (TUDM) mengadakan patroli udara bersama untuk menjaga perbatasan di Selat Malaka.--Foto: Dok. TNI AU

SIASAT.CO.ID - Pasukan TNI Angkatan Udara (TNI AU) dan Tentara Udara Diraja Malaysia (TUDM) mengadakan patroli udara bersama untuk menjaga beberapa titik perbatasan di Selat Malaka. Langkah ini merupakan bagian dari upaya memperkuat keamanan di wilayah tersebut.

Berdasarkan siaran pers TNI AU, Sabtu (25/5/2024), patroli yang dilaksanakan pada 24 Mei ini melibatkan dua jet tempur F-16 C/D dari Skuadron Udara 16 Wing Udara 6 Lanud Roesmin Nurjadin. Kedua jet tersebut diawaki oleh Lettu Pnb Galih Rakasiwi dan Lettu Pnb Ghazi Umar Marzuq.

Dua pesawat F-16 itu diketahui lepas landas dari Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin di Pekanbaru, menuju perbatasan udara Malaysia dan Indonesia. Saat berada di udara, mereka bertemu dengan pesawat F-18 Hornet milik TUDM dan melakukan patroli bersama di atas Selat Malaka.

BACA JUGA:TNI AD Turunkan Ribuan Personel Amankan World Water Forum ke-10 di Bali

Komandan Pangkalan TNI AU (Danlanud) Roesmin Nurjadin, Marsma TNI Feri Yunaldi, menyatakan bahwa kerja sama ini bertujuan untuk menciptakan keamanan di wilayah perbatasan dan Selat Malaka. Selain itu, Feri meyakini bahwa patroli bersama ini dapat mempererat hubungan bilateral dan militer antara Indonesia dan Malaysia.

"Dengan kerja sama ini, kita berharap kedua negara dapat saling menjaga kedaulatan wilayah udara masing-masing," ujar Feri. "Hal ini menunjukkan tekad kedua negara untuk terus bekerja sama dalam menjaga keamanan kawasan, yang pada akhirnya akan mendukung pertumbuhan ekonomi dan stabilitas regional," tambahnya.

Patroli bersama ini diharapkan dapat menjadi contoh kerja sama yang konstruktif antara negara-negara tetangga dalam menjaga stabilitas dan keamanan regional.

Sumber: