Disdukcapil Kota Tangerang Gencarkan Perekaman e-KTP di Sekolah Jelang Pemilu 2024

Sabtu 18-11-2023,15:40 WIB
Reporter : Khalid Syaifullah
Editor : Reza Al-Habsyi

SIASAT.CO.ID - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang intensif menggelar layanan jemput bola di sekolah-sekolah guna memfasilitasi perekaman biometrik untuk e-KTP bagi pelajar berusia 17 tahun, menyambut Pemilu 2024.

"Ikhtiar perekaman e-KTP ini bertujuan agar para pelajar tidak kehilangan haknya sebagai pemilih untuk pertama kalinya," ungkap Irman Pujahendra, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang, di Tangerang pada Jumat (17/11/2023).

Irman menambahkan bahwa kegiatan ini juga bertujuan memberikan kemudahan bagi pemula dalam memiliki identitas kependudukan, terutama menjelang Pemilu 2024.

Sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang sedang gencar menyosialisasikan penggunaan hak pilih kepada seluruh lapisan masyarakat, termasuk pelajar.

"Oleh karena itu, penting agar sosialisasi yang dilakukan oleh KPU diimbangi dengan identitas kependudukan yang dimiliki. Kami hadir untuk memberikan layanan tersebut," jelasnya.

BACA JUGA:Tragedi di Danau Galian Tambang: BPBD Tangerang Temukan Jasad Bocah Korban Tenggelam

Melalui layanan "goes to school" ini, percepatan perekaman e-KTP menjadi langkah efektif untuk memudahkan pemilih pemula. Para siswa tidak perlu meninggalkan sekolah untuk mengurus identitas kependudukan mereka.

"Perekaman KTP elektronik ini sangat penting untuk kebutuhan administrasi para pelajar. Disdukcapil Kota Tangerang terus mendorong perekaman e-KTP agar para pelajar tidak kehilangan haknya menjadi pemilih untuk pertama kalinya," ucapnya.

Perekaman e-KTP di sekolah tidak hanya dilakukan oleh Disdukcapil Kota Tangerang, tetapi sejumlah kecamatan juga aktif menjalankan program ini secara berkala sesuai dengan permohonan dari pihak sekolah.

"Dengan ini, kami mengimbau semua pihak untuk mendukung kelengkapan administrasi, yakni patuh terhadap proses administrasi kependudukan," tambah Irman Pujahendra.

Kategori :

Terpopuler