Job Fair Virtual Kota Tangerang Sukses Salurkan 18.944 Lowongan Pekerjaan

Sabtu 09-12-2023,10:00 WIB
Reporter : Jabbar Baskara
Editor : Reza Al-Habsyi

SIASAT.CO.ID - Dinas Ketenagakerjaan (Disnakertrans) Kota Tangerang mengumumkan bahwa hingga tanggal 5 Desember 2023, Job Fair Virtual telah berhasil menyerap 18.944 tenaga kerja, dengan rincian 17.609 tenaga kerja berasal dari dalam kota dan 1.335 tenaga kerja dari luar Kota.

"Job fair virtual ini kami kembangkan untuk membantu masyarakat dalam mencari lowongan pekerjaan, dan banyak yang sudah merasakan manfaatnya," ungkap Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang, Ujang Hendra Gunawan di Tangerang pada Jumat (8/12/2023).

Sementara itu, Disnaker Kota Tangerang meluncurkan fitur Tangerang Cakap Kerja dalam aplikasi Tangerang LIVE untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan berbagai layanan ketenagakerjaan.

"Aplikasi ini juga berfungsi sebagai pendaftaran dalam proses virtual job fair," ujar Ujang.

Gunawan berharap agar fitur Tangerang Cakap Kerja dapat dimaksimalkan penggunaannya oleh seluruh warga Kota Tangerang yang membutuhkan. Terutama bagi mereka yang masih menganggur atau ingin meningkatkan nilai diri melalui pelatihan-pelatihan mandiri.

BACA JUGA:Pemkot Tangerang Sabet Penghargaan KASN untuk Pengelolaan Talenta Terbaik

"Fitur Tangerang Cakap Kerja di aplikasi Tangerang LIVE harus lebih dikenal agar dapat dimanfaatkan oleh semua pencari kerja di Kota Tangerang, sehingga tingkat pengangguran dapat terus menurun secara signifikan," tuturnya.

Kemudian, Ujang menekankan Disnaker Kota Tangerang telah menetapkan Balai Latihan Kerja yang kini menghadirkan delapan kelas pelatihan, dengan partisipasi sebanyak 2.523 peserta dari 131 angkatan.

Selanjutnya, program Pelatihan Kewirausahaan yang diinisiasi sejak tahun 2017 telah memberikan manfaat bagi 2.755 warga Kota Tangerang melalui sembilan bidang kewirausahaan.

Adapun program Mobil Si Praja yang menawarkan empat jenis pelatihan telah dimanfaatkan oleh 1.069 peserta, melibatkan berbagai keterampilan seperti Konten Kreator (430 peserta), barista (386 peserta), pembuatan makanan (145 peserta), dan digital marketing (108 peserta).

"Seluruh rangkaian program pelatihan ini bertujuan untuk memberikan dukungan kepada warga yang ingin memperoleh pekerjaan atau memulai usaha," tegas Ujang.

Kategori :

Terpopuler