BMKG Prediksi Cuaca Banten Cerah Berawan Sepanjang Hari Jumat

Jumat 15-12-2023,10:00 WIB
Reporter : Syahrul Ramadhan
Editor : Bustamil Arifin

SIASAT.CO.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meramalkan cuaca cerah berawan di wilayah Banten sepanjang hari Jumat, (15/12/2023), mulai dari pagi hingga malam.

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Kelas I Serang, Tatang Rusmana, mengatakan delapan daerah di Banten berpotensi mengalami cuaca cerah berawan.

“Semua di delapan daerah di Banten berpotensi cerah berawan," katanya

Wilayah-wilayah tersebut mencakup Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kota Serang, Kabupaten Serang, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Cilegon, dan Kabupaten Tangerang.

BMKG merilis kondisi cuaca untuk wilayah tertentu. Suhu udara diprediksi berada dalam rentang 24-34 derajat Celsius dengan kelembapan udara berkisar antara 55 hingga 95 persen.

BACA JUGA:Prakiraan Cuaca BMKG: Banten Berpotensi Cerah, Tapi Hujan Intensitas Ringan Mengintai

Angin diperkirakan bertiup dari arah tenggara hingga barat dengan kecepatan berkisar 5-20 kilometer per jam.

BMKG memastikan bahwa aktivitas pelayaran, termasuk perahu nelayan, kapal feri, kapal tongkang, kapal kargo, dan kapal pesiar, yang melintasi Perairan Selat Sunda bagian utara dapat berlangsung dengan relatif aman, disertai tinggi gelombang yang berkisar 0,5-1,25 meter.

Meski demikian, BMKG memberikan peringatan dini untuk berhati-hati terhadap potensi gelombang tinggi mencapai 1,25-2,5 meter, yang dikategorikan sebagai tinggi sedang.

Peringatan ini berlaku untuk Perairan Selatan Banten, Samudera Hindia selatan Banten, dan Selat Sunda bagian selatan di pesisir pantai Kabupaten Lebak serta Kabupaten Pandeglang.

Kategori :

Terpopuler