Prakiraan Cuaca BMKG: Banten Berpotensi Cerah Berawan, Waspada Tiupan Angin Kencang

Selasa 19-12-2023,09:00 WIB
Reporter : Jabbar Baskara
Editor : Rio Alfin

SIASAT.CO.ID - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meramalkan cuaca di wilayah Banten berpotensi cerah berawan, namun juga memperingatkan adanya tiupan angin kencang sepanjang Selasa (19/11/2023) dari pagi hingga malam hari.

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Kelas I Serang, Tatang Rusmana, menyampaikan bahwa cuaca di wilayah Banten diperkirakan cerah berawan, dengan suhu berkisar antara 24 hingga 34 derajat Celsius.

Potensi cuaca cerah berawan ini diprediksi terjadi di sejumlah wilayah, termasuk Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kota Serang, Kabupaten Tangerang, Kota Cilegon, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Meskipun demikian, BMKG juga mengeluarkan peringatan dini terkait tiupan angin kencang yang perlu diwaspadai, terutama di wilayah Kota Cilegon, Kabupaten Tangerang, dan Kabupaten Pandeglang.

Tiupan angin ini diprediksi akan bergerak dengan rata-rata dari arah tenggara hingga barat, dengan kecepatan berkisar antara 05-45 kilometer/jam, sementara kelembapan udara diperkirakan berada dalam rentang 55-90 persen.

BACA JUGA:Peringatan BMKG: Sejumlah Provinsi di Indonesia Berpotensi Hujan Lebat dan Petir Hari Ini

Tetap waspada dan pantau informasi cuaca terkini untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan di wilayah Banten.

BMKG juga mengumumkan peringatan dini kewaspadaan terkait pesisir pantai Kabupaten Pandeglang, menyusul tinggi gelombang mencapai 2,50 meter di perairan Selat Sunda bagian selatan, Perairan Selatan Banten, dan Samudera Hindia Selatan Banten.

Tak hanya itu, BMKG juga mengeluarkan peringatan serupa untuk pesisir pantai Kabupaten Lebak, menyusul tinggi gelombang sebesar 2,50 meter di Perairan Selatan Banten dan Samudera Hindia Selatan Banten.

Pihak berwenang mengajak masyarakat, wisatawan, serta pelaku pelayaran seperti nelayan yang menggunakan perahu, kapal tongkang, kapal feri, kapal kargo, dan kapal pesiar untuk tetap waspada saat melintasi Perairan Banten.

BACA JUGA:BMKG Imbau Pelayaran Waspada Tinggi Gelombang di Perairan Banten

Peringatan kewaspadaan diberikan sebagai langkah preventif untuk mencegah kecelakaan laut mengingat tinggi gelombang di perairan tersebut berkisar antara 1,25 hingga 2,50 meter.

Keselamatan dan keamanan seluruh pihak yang beraktivitas di perairan menjadi prioritas utama dalam menghadapi kondisi cuaca yang berpotensi berbahaya.

Kategori :

Terpopuler