BMKG Peringatkan Potensi Hujan Lebat dan Angin Kencang di 4 Daerah Banten

Sabtu 20-01-2024,07:00 WIB
Reporter : Jabbar Baskara
Editor : Rio Alfin

SIASAT.CO.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan terkait potensi hujan lebat dan angin kencang disertai petir atau kilat di empat daerah Banten, Sabtu (20/1/2024).

Daerah-daerah tersebut meliputi Kabupaten Lebak, Pandeglang, Serang, dan Kota Cilegon, sebagaimana diungkapkan oleh Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Kelas I Serang, Tatang Rusmana.

Cuaca buruk tersebut berpeluang terjadi pada sore hari dan dapat menimbulkan bencana alam, seperti banjir, pohon roboh, longsor, tanah bergerak, dan gelombang tinggi.

Namun, wilayah Kabupaten Tangerang, Kota Serang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan relatif aman dari hujan lebat disertai angin kencang dan petir.

Meski demikian, pada siang hari, sejumlah daerah di Banten berpotensi hujan intensitas ringan dan sedang, yakni Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kota Serang dan Kota Tangerang.

BACA JUGA:BMKG Keluarkan Peringatan Dini: Waspada Tinggi Gelombang di Perairan Selatan Banten dan Selat Sunda

Kota Cilegon, Kota Tangerang Selatan, dan Kabupaten Tangerang pada siang hari berawan-cerah.

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini kepada pelaku pelayaran, khususnya perahu nelayan dan kapal tongkang yang melintasi perairan selatan Banten dan Samudera Hindia.

Tinggi gelombang di perairan selatan Banten berkisar 1,25-2,5 meter (sedang) dan tinggi gelombang Samudera Hindia antara 2,5-4 meter (tinggi).

Penyeberangan Merak, Banten-Bakauheni Lampung yang melintasi perairan Selat Sunda bagian utara tetap waspada karena tinggi gelombang di perairan itu mencapai 2.500 meter (sedang).

Sementara itu, berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, ruas jalan yang menghubungkan Kabupaten Lebak melalui jalur Cipanas, Citorek, hingga Warung Banten menuju Sukabumi mengalami longsor dan pohon roboh.

Suhu udara rata-rata 24-33 derajat Celsius dan tingkat kelembapan 60-90 persen, tiupan angin bergerak dari arah barat daya hingga barat dengan kecepatan 5-30 kilometer per jam.

Kategori :

Terpopuler