Peringatan Dini BMKG: Waspada Tinggi Gelombang 2,50 Meter dan Potensi Hujan Angin

Minggu 21-01-2024,07:00 WIB
Reporter : Habibi Abdillah
Editor : Bustamil Arifin

SIASAT.CO.ID - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini kewaspadaan tinggi gelombang 2,50 meter di perairan selatan Banten, Samudera Hindia, Selat Sunda bagian selatan, dan Selat Sunda bagian utara pada Minggu (21/1/2024.)

Stasiun Meteorologi Maritim Kelas I Serang, BMKG, mengatakan bahwa peringatan dini tersebut dikeluarkan untuk keselamatan pelaku pelayaran, termasuk perahu nelayan, kapal tongkang, kapal feri, kapal pesiar, dan kapal kargo yang melintasi perairan tersebut.

Peringatan ini dikeluarkan untuk menghindari kecelakaan laut, termasuk pada pelabuhan penyeberangan Merak (Banten) dan Bakauheni (Lampung).

Saat ini, tinggi gelombang di perairan tersebut mencapai 2,50 meter (sedang) dan pergerakan angin dari arah barat daya hingga barat dengan berkecepatan 05-30 kilometer per jam.

Suhu di perairan ini berkisar antara 22-23 derajat Celsius dan kelembapan udara antara 60-95 persen.

BACA JUGA:BMKG Peringatkan Potensi Hujan Lebat dan Angin Kencang di 4 Daerah Banten

Selain itu, BMKG juga mengeluarkan peringatan dini kewaspadaan potensi hujan angin disertai petir/kilat pada sore hari di Kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandeglang.

Sebagian besar wilayah Banten dan sekitarnya pada pagi dan siang hari berpotensi dilanda hujan intensitas ringan hingga sedang yang terjadi di Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan Kota Tangerang.

Sementara itu, pagi hari berawan terjadi di Kota Serang, Kota Tangerang Selatan, dan Kota Cilegon.

Kategori :

Terpopuler