BMKG: 6 Daerah di Banten Potensi Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang

Senin 29-01-2024,08:59 WIB
Reporter : Syahrul Ramadhan
Editor : Rio Alfin

SIASAT.CO.ID - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa enam daerah di wilayah Banten berpotensi mengalami hujan lebat disertai angin kencang dan petir pada Senin (29/1/2024).

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Kelas I Serang, Tatang, mengatakan bahwa pihaknya telah mengeluarkan peringatan dini kewaspadaan cuaca buruk di enam daerah tersebut.

Peringatan ini dikeluarkan karena cuaca buruk tersebut dapat menimbulkan bencana alam seperti banjir, longsor, pergerakan tanah, dan pohon tumbang.

Enam daerah di Banten yang berpotensi mengalami hujan lebat disertai angin kencang dan petir adalah Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kota Cilegon, Kota Serang, Kabupaten Serang, dan Kabupaten Tangerang.

Namun, Kota Tangerang Selatan dan Kota Tangerang relatif aman dari peringatan dini tersebut.

BACA JUGA:Peringatan Dini BMKG: Waspada Tinggi Gelombang 2,50 Meter dan Potensi Hujan Angin

Peluang hujan lebat di enam daerah tersebut diperkirakan terjadi pada sore hari, sementara pada siang hari berpotensi hujan intensitas ringan dan sedang.

Suhu udara rata-rata di wilayah Banten berkisar antara 23-34 derajat Celsius dengan tingkat kelembapan 60-90 persen. Angin bertiup dari arah barat hingga barat laut dengan kecepatan 05-30 kilometer per jam.

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini dan kewaspadaan terhadap keselamatan pelaku pelayaran, terutama perahu nelayan dan kapal tongkang yang melintasi perairan selatan Banten, Selat Sunda bagian selatan, dan Samudera Hindia.

Tinggi gelombang di pesisir Kabupaten Lebak dan Pandeglang diperkirakan antara 1,25 hingga 2,50 meter (sedang).

Namun, penyeberangan Pelabuhan Merak - Bakauheni untuk hari ini relatif normal dan aman, dengan tinggi gelombang di perairan Selat Sunda bagian utara hanya sekitar 1,25 meter (rendah).

Kategori :

Terpopuler