Pj Bupati Tangerang Andi Ony Dorong Perkembangan UMKM Sebagai Penopang Ekonomi Daerah

Pj Bupati Tangerang Andi Ony Dorong Perkembangan UMKM Sebagai Penopang Ekonomi Daerah

Pj Bupati Tangerang menegaskan komitmen Pemerintah Kabupaten Tangerang dalam mendukung dan memprioritaskan perkembangan UMKM.--Foto: Dok. Diskominfo Kab Tangerang

SIASAT.CO.ID - Pj Bupati Tangerang, Andi Ony, menegaskan komitmen Pemerintah Kabupaten Tangerang dalam mendukung dan memprioritaskan perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sebagai pilar utama ekonomi daerah.

"Kami dari pemerintah daerah akan senantiasa mendukung dan memprioritaskan perkembangan UMKM karena UMKM Kabupaten Tangerang ini sangat luar biasa sekali," ujar Andi Ony saat menghadiri Rapat Anggota Tahunan (RAT) dan silaturahmi Komunitas Makanan dan Minuman Tangerang (Komamintang) di Gerai Tangerang Gemilang Cikupa, Selasa (23/4/24).

Dalam pandemi Covid-19, pertumbuhan UMKM dan Industri Kecil Menengah (IKM) telah teruji. Berdasarkan data BPS 2023, sektor UMKM mampu menyumbang sebanyak 61,9% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional.

Di Kabupaten Tangerang sendiri, terdapat lebih dari 59.000 UMKM dengan sektor usaha unggulan di bidang kuliner mencapai lebih dari 5.000.

"UMKM telah banyak belajar pada saat Covid-19, karena pada saat Covid-19 itu semua daerah itu turun sekali pertumbuhannya, hanya pertumbuhan UMKM dan IKM yang mampu menopang perekonomian," ungkapnya.

BACA JUGA:Disperindag Kabupaten Tangerang Cek Segel Dispenser BBM di SPBU 34.157.10

Andi Ony juga memberikan pesan kepada seluruh anggota Komamintang untuk saling menopang dan membantu, berkolaborasi, dan bersinergi demi kemajuan dan perkembangan UMKM.

"Kami berpesan agar pelaku usaha mikro saling membantu dan saling menopang satu dengan yang lainnya. Saling sinergi dan berkolaborasi agar pelaku UMKM lebih maju dan berkembang lagi dan meningkatkan sektor perekonomian di masyarakat," pesannya.

Ketua Komamintang, Umi Kulsum, mengatakan bahwa Komamintang, yang berdiri sejak 2020 atau di masa pandemi, adalah komunitas makan minum di Kabupaten Tangerang.

Kelahiran Komamintang didasari atas kepedulian bersama terhadap bagaimana pelaku usaha, khususnya di bidang kuliner, bisa bertahan dan berkembang di masa pandemi Covid-19.

"Hadirnya Komamintang adalah untuk lebih mendekatkan dan menjadi ajang bertukar ilmu dan pikiran sesama pelaku usaha kuliner di Kabupaten Tangerang," jelasnya.

Umi Kulsum berharap kehadiran Pj Andi Ony sebagai wakil pemerintah daerah bisa semakin mendukung dan memberi dukungan kepada pelaku IKM dan UMKM di Kabupaten Tangerang, khususnya kepada Komamintang.

Sumber: