Peningkatan Kompetensi Guru PAUD untuk Generasi Emas 2045

Peningkatan Kompetensi Guru PAUD untuk Generasi Emas 2045

Sekda Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid menghadiri Workshop Peningkatan Kompetensi Kreativitas Kepala Sekolah dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Gedung Serbaguna (GSG) Puspemkab Tangerang, Tigaraksa, Jumat (24/5/24).--Foto: Dok. Diskominfo Kab Tangerang.

SIASAT.CO.ID - Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang, Moch Maesyal Rasyid, menghadiri Workshop Peningkatan Kompetensi Kreativitas Kepala Sekolah dan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang digelar di Gedung Serbaguna Puspemkab Tangerang, Tigaraksa, Jumat (24/5/2024).

Dalam sambutannya, Maesyal Rasyid menekankan pentingnya peningkatan kompetensi para guru dan kepala sekolah PAUD untuk membentuk karakter anak-anak sebagai persiapan menuju generasi emas 2045.

"Peningkatan kompetensi para guru PAUD sangat penting, yang nantinya membentuk karakter anak-anak Indonesia di masa generasi emas 2045," ujar Maesyal.

Ia menambahkan, Indonesia akan mengalami bonus demografi, di mana hampir 70% penduduknya berada di usia produktif. Oleh karena itu, guru dan kepala sekolah PAUD harus mampu menyikapi hal ini dengan terus mengembangkan diri untuk mendidik dan mempersiapkan generasi yang produktif, kuat, dan tangguh di mata dunia.

"Guru PAUD harus memiliki kompetensi, kreativitas, dan inovasi yang tinggi dalam mengedukasi anak-anak usia dini sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang menjadi generasi yang produktif, kuat, dan tangguh di mata dunia," jelasnya.

BACA JUGA:Pemkab Tangerang Lepas Jemaah Calon Haji Kloter 22 JKG

Sementara itu, Pemerhati Pendidikan Intan Nurul Hikmah menyatakan bahwa peningkatan kompetensi adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Himpunan Pendidik dan Tenaga Pendidik Anak Usia Dini (Himpaudi) Kabupaten Tangerang.

"Workshop ini merupakan kegiatan rutin yang digelar Himpaudi. Intinya, guru PAUD memiliki kompetensi agar anak-anak diajarkan karakter yang baik dan sesuai," kata Intan.

Menurut Intan, kegiatan yang diikuti sekitar 200 guru PAUD dari Kecamatan Pasar Kemis dan Balaraja ini bertujuan agar tenaga pendidik anak usia dini di Kabupaten Tangerang memahami pelaksanaan pembelajaran melalui sistem pendidikan merdeka belajar dan membangun karakter yang kuat, akhlak mulia, bermoral, toleran, serta semangat gotong royong.

Workshop ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat PAUD, mempersiapkan generasi muda yang siap bersaing di kancah global, dan mendukung tercapainya visi Indonesia Emas 2045.

Sumber: