Cegah DBD, Dinkes Lebak Ajak Warga Aktif Lakukan PSN

Senin 29-01-2024,12:05 WIB
Reporter : Syahrul Ramadhan
Editor : Rio Alfin

SIASAT.CO.ID - Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak mengajak masyarakat berperan aktif melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) untuk mencegah penyebaran populasi nyamuk demam berdarah dengue (DBD).

"Kita di awal tahun 2024 sampai saat ini, kasus DBD mencapai 282 orang, sehingga masyarakat harus waspada penyebaran penyakit yang mematikan itu," kata Pelaksana Harian (Plh) Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak dr Budi Mulyanto di Lebak, Senin.

Merebaknya kasus DBD itu seiring musim hujan, sehingga perlu ditangani secara komprehensif yang melibatkan peran aktif masyarakat melakukan gotong royong untuk kegiatan PSN.

Kegiatan PSN dilakukan dengan melakukan 3M (Mengubur, Menguras, dan Menutup) barang-barang bekas dan menaburkan bubuk larvasida pada bak mandi yang terdapat genangan air di dalam lingkungan rumah.

Selain itu, juga penting untuk melaksanakan kebersihan lingkungan agar nyamuk Aedes aegypti tidak berkembang biak.

BACA JUGA:Dinkes Lebak Ajak Masyarakat Konsumsi Protein Hewani dan Buah-buahan untuk Cegah Stunting

Menurut dokter Budi, pengasapan fogging untuk mematikan nyamuk dewasa tidak efektif, terutama saat cuaca mendung dan musim hujan.

Oleh karena itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak menginstruksikan seluruh petugas puskesmas untuk mengoptimalkan penyuluhan dan edukasi mengenai pentingnya pencegahan DBD agar masyarakat dapat menyadari pentingnya gotong royong dalam melakukan PSN.

Jika ada anggota keluarga yang mengalami demam, disarankan untuk segera dibawa ke puskesmas, klinik, atau rumah sakit untuk diperiksa.

Ketua Rt 01/09 Kelurahan MC Rangkasbitung Timur Kabupaten Lebak, Iman, menyatakan bahwa pihaknya bersama warga setempat telah melakukan PSN dengan membersihkan drainase agar saluran air jalan tidak menjadi tempat berkembang biak nyamuk Aedes Aegypti.

Selanjutnya, mereka juga melakukan kebersihan di lingkungan rumah warga untuk membunuh jentik-jentik nyamuk yang ada di tempat barang bekas, pot bunga, kolam, dan lokasi lainnya.

Kasus DBD yang menimpa Yusuf (7) dan Hanna (2), warga Komdik Rangkasbitung Kabupaten Lebak, telah dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan medis di RSUD Adjidarmo Rangkasbitung.

Kategori :

Terpopuler