Lonjakan Wisatawan di Kota Tangerang Capai 12 Juta Lebih di 2023

Selasa 30-01-2024,10:27 WIB
Reporter : Khalid Syaifullah
Editor : Bustamil Arifin

SIASAT.CO.ID - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang mencatat peningkatan signifikan dalam jumlah wisatawan yang berkunjung ke berbagai destinasi wisata di kota tersebut selama tahun 2023.

Menurut kepala Disbudpar Kota Tangerang, Rizal Ridolloh, jumlah pengunjung mencapai 12.135.278 wisatawan, lonjakan yang sangat signifikan dibandingkan tahun 2022 yang hanya mencatat 1.197.754 pengunjung.

Rizal menjelaskan bahwa lonjakan ini disebabkan oleh pemulihan sektor ekonomi di Indonesia, termasuk Kota Tangerang, yang memungkinkan masyarakat kembali beraktivitas seperti biasa, bahkan meningkat.

Selain itu, banyaknya tempat wisata menarik di Kota Tangerang, seperti 17 taman tematik, wisata kuliner, wisata olahraga, dan berbagai festival seperti Digifest, Festival Al Azhom, Festival Cisadane, dan lainnya, juga berkontribusi pada peningkatan jumlah pengunjung.

Rizal juga menyoroti keberadaan Bus Jawara gratis yang terus menerus mengangkut ratusan pelajar dari berbagai sekolah ke taman tematik setiap hari, yang menambah daya tarik Kota Tangerang sebagai destinasi wisata.

BACA JUGA:Realisasi Investasi Kota Tangerang Capai Rp57 T dalam 5 Tahun, Melebihi Target

Sementara itu, jumlah tamu hotel dari dalam negeri mencapai 1.211.852 orang dan tamu hotel dari mancanegara sebanyak 255.498 orang.

Jika diakumulasikan dengan jumlah wisatawan ke tempat wisata, totalnya mencapai 13.602.628 wisatawan.

Menurut Rizal, tingginya jumlah tamu hotel disebabkan oleh tingginya angka hunian hotel di sekitar Bandara Soekarno Hatta, yang dipicu oleh kembali diizinkannya umrah ke Tanah Suci.

Meskipun Kota Tangerang sering dijadikan area transit, Rizal menegaskan bahwa hal ini tetap menjadi potensi untuk mempromosikan tempat wisata di Kota Tangerang.

Kategori :

Terpopuler