BMKG: 3 Wilayah Banten Berisiko Hujan Lebat, Sisanya Aman

Rabu 31-01-2024,07:00 WIB
Reporter : Jabbar Baskara
Editor : Bustamil Arifin

SIASAT.CO.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan cuaca ekstrem untuk tiga wilayah di Banten.

Menurut Tatang, Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Kelas I Serang, pada hari Rabu ini, Kabupaten Lebak, Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang berpotensi mengalami hujan lebat yang disertai angin kencang dan petir.

Tatang menjelaskan bahwa cuaca buruk ini berpotensi terjadi pada sore hari dan dapat memicu berbagai bencana alam, termasuk longsor, pohon tumbang, pergerakan tanah, banjir, dan gelombang tinggi.

Namun, tidak semua daerah di Banten menghadapi risiko yang sama. Kota Cilegon, Kota Serang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Serang diperkirakan akan relatif aman dari cuaca buruk.

Meski demikian, pada siang hari, Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Serang, Kota Cilegon dan Kota Tangerang mungkin akan mengalami hujan ringan hingga sedang.

BACA JUGA:BMKG: 6 Daerah di Banten Potensi Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang

Sementara itu, suhu udara diperkirakan berkisar antara 24-32 derajat Celcius dengan kelembapan 60-90 persen.

Angin diperkirakan bertiup dari barat laut dengan kecepatan 05-20 kilometer per jam.

BMKG juga telah mengeluarkan peringatan dini bagi pelaku pelayaran, terutama nelayan dan kapal tongkang yang melintasi perairan selatan Banten, Selat Sunda bagian selatan, dan Samudera Hindia.

Tinggi gelombang diperkirakan antara 1,25 hingga 2,50 meter di pesisir Kabupaten Lebak dan Pandeglang.

Namun, untuk penyeberangan Pelabuhan Merak (Banten) - Bakauheni (Lampung), kondisinya diperkirakan normal dan aman dengan tinggi gelombang di perairan Selat Sunda bagian utara sekitar 1,25 meter.

Kategori :

Terpopuler