Pemkot Tangerang dan Perguruan Tinggi Se-Tangerang Raya Kolaborasi Pengembangan Keilmuan

Rabu 14-02-2024,07:00 WIB
Reporter : Syahrul Ramadhan
Editor : Bustamil Arifin

SIASAT.CO.ID - Pemerintah Kota Tangerang menjalin kerjasama dengan Perguruan Tinggi di wilayah Tangerang Raya dalam bidang pengembangan ilmu pengetahuan dan kajian ilmiah.

“Harapannya, kerjasama dan kolaborasi ini dapat memberikan manfaat bagi semua pihak," ujar Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Nurdin, dalam keterangan yang diterima di Tangerang, Rabu.

Pj Wali Kota berharap dukungan dari dunia kampus berupa kajian dan hasil penelitian dapat menjadi masukan positif bagi Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang dalam perumusan kebijakan dan program berbasis ilmu pengetahuan.

“Dengan demikian, setiap kebijakan yang dibuat Pemkot akan disesuaikan dengan kebutuhan dan kepentingan bersama serta mewakili semua kalangan," katanya.

Kerjasama ini juga diharapkan dapat mengoptimalkan implementasi konsep Merdeka Belajar di Kampus Merdeka, dengan memberikan kesempatan kepada mahasiswa dari Perguruan Tinggi tersebut untuk praktek dan mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan keterampilan di Kota Tangerang.

BACA JUGA:Optimalisasi Aplikasi Sirekap, KPU Kota Tangerang Siapkan Pemilu 2024

“Inilah manfaat yang saya maksud bagi kedua belah pihak, karena dengan kerjasama ini, pengembangan ilmu pengetahuan, kompetensi dan keterampilan mahasiswa di Kota Tangerang dapat terakomodir," ujarnya.

Beberapa Perguruan Tinggi yang menjalin kerjasama dengan Pemkot Tangerang antara lain Universitas Raharja, Universitas Islam Syekh Yusuf, Universitas Buddhi Dharma, Universitas Pelita Harapan (UPH), Universitas Bina Nusantara (Binus), Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Universitas Global Institute, dan Universitas Pradita.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangerang, Indri Astuti, menegaskan bahwa perguruan tinggi memiliki peran penting dalam kemajuan suatu daerah.

“Kami berharap perguruan tinggi dapat membawa angin perubahan dan memberikan manfaat bagi semua pihak, khususnya masyarakat Tangerang," katanya.

Saat ini, Kota Tangerang tengah menguatkan branding-nya. Dengan harapan, Kota Tangerang memiliki ciri khas yang lebih kuat untuk bersaing dengan kota-kota lainnya. "Pembahasan branding kota ini tentu membutuhkan kajian, saran dan masukan dari semua pihak, termasuk perguruan tinggi," katanya.

BACA JUGA:MUI Kota Tangerang Apresiasi Program Khotmil Quran SMPN 9

Rektor Universitas Raharja, Abas Sunarya, menyambut baik kerjasama ini. Ia menilai ini sebagai kolaborasi yang tepat untuk mengisi dan mengembangkan potensi Kota Tangerang dengan para ahli di seluruh universitas.

“Konteks kerjasamanya adalah saling mengisi, universitas mengembangkan Tri Dharma, sementara Pemkot Tangerang memanfaatkannya untuk pengembangan Kota Tangerang yang lebih kuat sesuai dengan potensi yang ada," katanya.

Kategori :

Terpopuler