RSUD Kota Tangerang Tawarkan Layanan Bengkel Ortotik Prostetik Mulai April 2023

Rabu 28-02-2024,09:00 WIB
Reporter : Syahrul Ramadhan
Editor : Bustamil Arifin

SIASAT.CO.ID - RSUD Kota Tangerang Banten membuka layanan Bengkel Ortotik Prostetik yang menyediakan berbagai alat bantu penyangga tubuh hingga solusi untuk kaki pasien yang bengkok.

Direktur RSUD Kota Tangerang, dr O.U Taty Damayanti, mengungkapkan bahwa layanan ini telah tersedia sejak April 2023.

"Kami tidak hanya membuat kaki palsu, tetapi juga menyediakan alat bantu penyangga tubuh lainnya seperti sepatu AFO (Ankle Foot Orthosis) dan KAFO (Knee Ankle Foot Orthosis) untuk kondisi kaki bengkok yang dikenal sebagai Conginetal Talipes Equines Varus (CTEV)," jelas dr O.U Taty Damayanti dalam pernyataannya di Tangerang, Rabu.

Bengkel Ortotik Prostetik ini didirikan dengan tujuan untuk membantu penyandang disabilitas dengan membuat alat bantu yang dapat menggantikan fungsi bagian tubuh mereka. Dengan adanya bengkel sendiri, layanan ini dapat lebih efisien.

Menurut dr O.U Taty Damayanti, layanan kaki palsu ini juga sudah diakomodasi oleh BPJS Kesehatan. Oleh karena itu, diharapkan bahwa layanan ini dapat memudahkan masyarakat Kota Tangerang dan sekitarnya.

BACA JUGA:Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 di Kabupaten Tangerang Ditunda Sementara

Proses pembuatan kaki palsu ini membutuhkan waktu sekitar dua minggu. Sebelum proses pembuatan, kondisi kaki pasien harus diperiksa oleh prothetist untuk menentukan ukuran kaki pasien.

Masyarakat Kota Tangerang yang berkeinginan menggunakan layanan ini melalui BPJS Kesehatan diharuskan membawa surat rujukan dari faskes pertama. Setelah itu, mereka dapat memperbarui kaki palsu mereka secara gratis setiap lima tahun sekali melalui BPJS Kesehatan.

"Kami melayani semua pasien, baik pasien BPJS maupun pasien umum, dengan berbagai pilihan jenis kaki palsu," tutup dr O.U Taty

Kategori :

Terpopuler