Rusun Cipta Griya Kedaung di Tangerang Dilengkapi Lahan Pertanian

Jumat 01-03-2024,08:00 WIB
Reporter : Khalid Syaifullah
Editor : Bustamil Arifin

SIASAT.CO.ID - Pemerintah Kota Tangerang mengungkapkan bahwa Rusun Cipta Griya Kedaung di Neglasari dilengkapi dengan lahan pertanian agar penghuni dapat ikut serta dalam kegiatan pertanian dan mendukung ketahanan pangan.

Pelaksana Harian Kepala Dinas Perumahan, Permukiman, dan Pertanahan Kota Tangerang, Yeti Rohaeti, menyampaikan program pertanian perkotaan di rusun akan dibina langsung oleh Dinas Ketahanan Pangan.

"Jadi, penghuni dapat menanam dan memanen langsung di sini, sehingga pemenuhan gizi penghuni dapat terpenuhi dengan baik," ujarnya, Kamis (29/2/2024).

Yeti berharap bahwa kehadiran rusun ini dapat memberikan hunian yang nyaman bagi seluruh penghuni. Para penghuni juga diimbau untuk menjaga seluruh fasilitas yang ada di rusun.

"Mudah-mudahan, rusun ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya warga yang tadinya tinggal di kawasan kumuh. Mari kita jaga seluruh fasilitas yang ada agar rusun ini tetap terawat dan layak digunakan hingga jangka panjang," kata Yeti.

BACA JUGA:Faktor Kaesang dan Jokowi Dongkrak Suara PSI di Kota Tangerang

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Muhdorun, menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan survei dan persiapan dalam pembinaan kepada penghuni rusun untuk program pertanian tersebut.

"Lahan dan konsepnya sudah kita siapkan dan akan segera direalisasikan, sehingga penghuni dapat ikut berkontribusi dalam menjaga ketahanan pangan secara mandiri," ujarnya.

Penjabat Wali Kota Tangerang, Nurdin, menyatakan bahwa Rusun Cipta Griya Kedaung ditujukan untuk warga yang tinggal di kawasan kumuh atau squatters di Kelurahan Kedaung Baru.

Rusun tersebut terdiri dari 70 unit dengan tiga tipe, yaitu 18, 27, dan 36. Selain itu, terdapat pula fasilitas unit khusus untuk difabel dan lansia.

"Ini juga merupakan satu-satunya rusun yang sudah dilengkapi dengan lift, serta terdapat panel surya untuk membantu pasokan listrik di rusun ini. Terdapat juga kios, klinik, ruang serba guna, dan majelis taklim," katanya.

Kategori :

Terpopuler