Rahasia Tidur Cepat ala Militer AS: Napas Dalam dan Relaksasi Otot

Rahasia Tidur Cepat ala Militer AS: Napas Dalam dan Relaksasi Otot

Teknik ini memungkinkan mereka untuk terlelap dalam waktu dua menit, bahkan di lingkungan yang penuh kebisingan dan stres.--Foto: UpWorthy

SIASAT.CO.ID - Bagi mereka yang mengalami kesulitan tidur, ternyata ada teknik tidur yang diandalkan oleh tentara Angkatan Darat Amerika Serikat. Teknik ini memungkinkan mereka untuk terlelap dalam waktu dua menit, bahkan di lingkungan yang penuh kebisingan dan stres.

Teknik tidur militer ini, sebagaimana dilaporkan oleh Medical Daily pada akhir November lalu, dikembangkan oleh Bud Winter, seorang pelatih lari cepat Olimpiade, dan diulas dalam bukunya berjudul "Relax and Win: Championship Performance."

Langkah-langkah dari teknik tidur militer ini dimulai dengan mengambil napas dalam-dalam. Berbaring telentang, rilekskan setiap otot, dan hirup udara dengan dalam.

Langkah berikutnya adalah membuat rileks otot-otot di wajah, termasuk menghilangkan ketegangan pada rahang dan alis. Kemudian, kendurkan otot-otot bahu, lengan, dan tangan.

Setelah otot bagian atas tubuh terasa rileks, fokuskan relaksasi pada otot dada, perut, panggul, hingga ke paha, lutut, betis, pergelangan kaki, kaki, dan jari kaki.

BACA JUGA:Tips Memasak Beras Merah agar Tetap Pulen dan Nikmat

Langkah selanjutnya adalah membersihkan pikiran. Dalam usaha menenangkan pikiran, visualisasikan gambaran yang menenangkan.

Jika masih merasa terganggu, coba ulangi kalimat “jangan berpikir” selama beberapa detik.

Meskipun efek dari metode tidur militer dapat bervariasi pada setiap individu, belum ada penelitian khusus yang membuktikan keampuhan atau manfaat teknik ini.

Meski demikian, teknik ini didasarkan pada pernapasan dalam dan relaksasi otot progresif, keduanya terkait dengan peningkatan kualitas tidur.

Sebuah studi pada tahun 2018 bahkan menyarankan bahwa penerapan teknik pernapasan lambat bersama dengan relaksasi otot bisa menjadi alat efektif untuk mengatasi masalah insomnia.

BACA JUGA:Tips Bikin Teh Celup untuk Kesehatan Tubuh ala Petik Tea Bar

Kesulitan Tidur, Faktor Stres hingga Teknik Tidur Militer

Menurut William O. Roberts, seorang profesor di bidang kedokteran olahraga dari program pengobatan olahraga di Fakultas Kedokteran University of Minnesota, seseorang umumnya memerlukan waktu sekitar 20 menit untuk dapat tidur.

Sumber: