Kemenag Siapkan Materi Khutbah Natal untuk Penguatan Keberagaman Umat

Kemenag Siapkan Materi Khutbah Natal untuk Penguatan Keberagaman Umat

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyiapkan materi khutbah untuk masjid-masjid jelang Natal dan tahun baru.--Foto: Antara

SIASAT.CO.ID - Kementerian Agama (Kemenag) bersiap menyusun materi khutbah yang menekankan penguatan keberagaman umat untuk disampaikan di masjid-masjid yang berada di bawah pengawasan Badan Kesejahteraan masjid (BKM) selama peringatan Natal dan Tahun Baru 2024.

"Harapannya, setiap khutbah di masjid dapat mengkomunikasikan nilai-nilai kebaikan dan toleransi kepada umat. Kami juga berharap pihak keamanan dapat menjaga stabilitas sosial antarumat beragama," ujar Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, dalam keterangan resminya di Jakarta, Jumat (8/12/2023).

Pernyataan tersebut dilontarkan dalam Rapat Koordinasi Lintas Sektoral terkait Pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Menag Yaqut menyampaikan bahwa pemerintah akan merayakan Natal Nasional pada tanggal 27 Desember 2023 di Surabaya, dengan Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menjabat sebagai Ketua Umum Natal Nasional.

Kementerian Agama telah berkoordinasi dengan tokoh-tokoh agama untuk menyusun materi khutbah dan ceramah yang bersifat moderat, memberikan pemahaman, serta memperkuat keberagaman umat.

BACA JUGA:Bagaimana Penetapan 1 Ramadhan Versi Kemenag, Simak Selengkapnya Disini

"Perbedaan, sebagai takdir bangsa ini, perlu kita kuatkan. Naskah-naskah khutbah yang akan disampaikan di masjid selama Desember telah diberikan kepada BKM yang beranggotakan kurang lebih 104 ribu. Materi khutbah tersebut sifatnya moderat," tambahnya.

Menag, atau Gus Men, panggilan akrab Menteri Agama, juga menjelaskan bahwa telah dilakukan koordinasi dengan organisasi masyarakat (ormas), termasuk koordinasi dengan pimpinan Ormas Banser.

"Ormas Banser telah menyiapkan 200 ribu anggota untuk terlibat dalam pengamanan, seperti tradisi setiap perayaan hari besar agama," katanya.

Sumber: