Posisi Hilal Awal Ramadan 1445 H/2024 Nihil, Kemenag Prediksi Puasa Hari Selasa Besok

Posisi Hilal Awal Ramadan 1445 H/2024 Nihil, Kemenag Prediksi Puasa Hari Selasa Besok

Kemenag mengumumkan bahwa posisi hilal awal Ramadan 1445 H di Indonesia masih belum terlihat berdasarkan perhitungan astronomi.--Foto: Detik

SIASAT.CO.ID - Kementerian Agama (Kemenag) RI mengumumkan bahwa posisi hilal awal Ramadan 1445 H di Indonesia masih belum terlihat berdasarkan perhitungan astronomi. Tim Hisab Rukyat Kemenag, yang dipimpin oleh Cecep Nurwendaya, dijadwalkan akan menjadi narasumber dalam seminar yang digelar di Auditorium H.M Rasjidi Kementerian Agama, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, untuk membahas hal ini. Informasi ini diungkapkan dalam sidang Isbat penetapan awal puasa 1 Ramadan 1445 H yang diadakan di Kementerian Agama (Kemenag) pada Minggu (10/3/2024).

Cecep Nurwendaya menjelaskan bahwa posisi hilal di seluruh wilayah NKRI belum memenuhi kriteria minimum tinggi hilal 3 derajat dengan elongasi 6,4 derajat berdasarkan kriteria MABIMS. Oleh karena itu, tanggal 1 Ramadan 1445 H secara hisab diperkirakan jatuh pada Selasa Pon, yaitu 12 Maret 2024.

"Pada 10 Maret 2024, tinggi hilal di seluruh wilayah NKRI berkisar antara 0,33—0,50 derajat dengan elongasi antara 2,26—2,59 derajat. Oleh karena itu, secara teoritis, hilal tidak akan terlihat menjelang awal Ramadan pada rukyat ini, karena posisinya berada di bawah kriteria Imkan Rukyat," ungkap Cecep.

Sidang Isbat untuk menentukan awal Ramadan 1445 H berlangsung dengan memanfaatkan informasi awal berdasarkan perhitungan astronomis atau hisab, serta konfirmasi langsung melalui pemantauan hilal. Adib, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais dan Binsyar) Kemenag, menegaskan bahwa semua sistem hisab sepakat bahwa ijtimak menjelang Ramadhan jatuh pada Minggu, 10 Maret 2024, atau bertepatan dengan 29 Syakban 1445 H.

Adib mencatat bahwa pada hari rukyat, tinggi hilal pada saat matahari terbenam di seluruh wilayah Indonesia berkisar antara -0°20’ 1,2” sampai 0°52’ 5,4” dengan sudut elongasi antara 2°14’ 46,8” sampai 2°41’ 50,4”.

BACA JUGA:Perbedaan Pendapat Tentang Awal Puasa Ramadhan 2024: Pemerintah, NU, dan Muhammadiyah Berbeda

Untuk memastikan hal ini, pemantauan hilal Ramadhan 2024 akan dilakukan di 134 lokasi di seluruh Indonesia. Namun, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyatakan bahwa posisi bulan di Indonesia masih sangat rendah hanya 0,7 derajat dan elongasi 1,7 derajat pada 10 Maret 2024.

Hal ini berarti bulan belum memenuhi kriteria baru yang ditetapkan oleh Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS), yang mensyaratkan tinggi hilal minimal 3 derajat dan elongasi 6,4 derajat.

Menurut Thomas Djamaluddin, Peneliti Astronomi dan Astrofisika BRIN, perubahan kriteria MABIMS ini berdampak pada perubahan dalam penghitungan dan penetapan awal bulan Hijriah. Ia menjelaskan bahwa metode rukyat dan hisab memiliki kekuatan setara dalam menentukan awal bulan Hijriah, sehingga tidak ada perbedaan yang signifikan antara keduanya.

Kementerian Agama (Kemenag) memulai rangkaian Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadan 1445 H pada hari Minggu (10/3/2024) dengan agenda seminar posisi hilal. Sidang ini dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki, Ketua Umum Dewan Pimpinan MUI Anwar Iskandar, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, serta beberapa Duta Besar (Dubes) dari negara-negara sahabat.

"Sidang ini merupakan layanan keagamaan bagi masyarakat untuk mendapatkan kepastian mengenai pelaksanaan ibadah," ujar Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Dirjen Bimas Islam) Kamaruddin Amin.

Sidang isbat akan digelar secara hybrid, yaitu secara daring dan luring. Tim Hisab Rukyat Kemenag, yang dipimpin oleh Cecep Nurwendaya, dijadwalkan akan menjadi narasumber dalam seminar yang digelar di Auditorium H.M Rasjidi Kementerian Agama, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Sumber: