Pemkab Serang Terus Dukung Pencak Silat dengan Bantuan Alat Musik Tradisional

Pemkab Serang Terus Dukung Pencak Silat dengan Bantuan Alat Musik Tradisional

Sebanyak 20 perguruan silat atau Paguron di Kabupaten Serang mendapatkan bantuan alat musik tradisional dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang, di Pendopo Bupati Serang, Jumat (8/12).--Foto: ANTARA/HO-Dokumen Pemkab

SIASAT.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Serang, Provinsi Banten, menggelontorkan bantuan alat musik tradisional kepada 20 perguruan silat atau paguron di wilayahnya pada Jumat (8/12/2023).

Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah, menegaskan komitmen pihaknya terhadap kemajuan budaya dan kesenian silat di Kabupaten Serang.

Selain menginisiasi Jurus Silat Kaserangan, Tatu juga meluncurkan program bantuan gendang sebagai alat musik tradisional yang mengiringi gerakan silat. Baginya, silat bukan hanya sebagai warisan budaya di masyarakat Kabupaten Serang, melainkan juga sebagai sarana untuk memperkuat karakter generasi muda.

"Pencak silat merupakan warisan budaya yang mampu menumbuhkan karakter bangsa yang kuat dan tangguh. Watak tersebut sangat dibutuhkan di era modern ini untuk melawan berbagai pengaruh negatif dalam kehidupan," ungkapnya.

Tatu menambahkan bahwa Pemkab Serang memberikan apresiasi kepada paguron yang berkontribusi dalam melestarikan kesenian tradisional pencak silat dengan memberikan bantuan 20 alat kesenian gendang patingtung. Bantuan ini diberikan kepada 20 paguron silat di Kabupaten Serang.

BACA JUGA:Pemkot Serang Tekan Biaya Pemeriksaan Kesehatan KPPS Pemilu 2024

"Dalam tahun 2021, Pemkab Serang telah memberikan 30 alat kesenian kepada paguron. Totalnya, sudah ada 50 alat kesenian yang diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada paguron yang turut serta dalam pelestarian kesenian tradisional pencak silat," jelasnya.

Bupati Tatu berharap bantuan ini dapat memberikan semangat kepada paguron untuk terus berkarya dan melestarikan kesenian tradisional, khususnya dalam dunia pencak silat.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Serang, Asep Nugrahajaya, menambahkan bahwa bantuan alat musik berupa gendang ini memiliki peran penting sebagai penunjang kegiatan seni bela diri, pencak silat.

"Ia menegaskan bahwa setiap paguron menerima satu set gendang sebagai bentuk perhatian. Ibu Bupati sendiri pernah melakukan peninjauan langsung ke paguron," katanya.

Nugrahajaya menyatakan bahwa saat ini banyak paguron yang membutuhkan bantuan, terutama dalam pembaruan alat musik gendang. Hingga saat ini, baru 50 paguron yang mendapatkan bantuan dari total 373 paguron di Kabupaten Serang.

BACA JUGA:Ketua DPRD Kota Serang Kecewa Pj Wali Kota Bukan Orang Lokal

"Masih banyak anggaran yang harus dialokasikan untuk membantu paguron lainnya. Rencananya, dana sosial dari perusahaan akan didorong untuk memberikan bantuan serupa," katanya.

Sumber: